Selasa, 01 November 2011

Menggunakan Facebook Sebagai Media Kehumasan Sekolah



Mengingat pengguna Facebook dikalangan pelajar sudah cukup banyak,maka mengakomodasi kebutuhan mereka dalam berkomunikasi menggunakan akun jejaring sosial  oleh sekolah adalah bijak.Disamping untuk memonitor aktivitas mereka ,tentu saja akun FB dapat dijadikan sarana aktualisasi siswa dan guru serta warga sekolah lainnya. Terutama kecerdasan berbahasa…!

Salah satu cara paling mudah adalah memanfaatkan fasilitas membuat grup pada Face book ,gunakan grup  tersebut untuk mewadai aspirasi,inspirasi,curhat dan solusi bagi siswa.Termasuk menggunakannya sebagai media komunikasi pembelajaran…seperti ide mendadak untuk mengumpulkan data/informasi pada pertemuan kelas mendatang.Tugas humas sekolah dalam membentuk grup ini bisa bekerja sama dengan guru ICT dan guru yang lain termasuk kepala sekolah.Setelah grup dibuat dengan sekaligus mem “branding “ sekolah selanjutnya di “wajibkan “ bagi siswa yang memiliki akun FB dan terlibat aktif dalam pewarnaan grup tersebut.jadikan grup FB kehumasan sekolah anda sebagai ruang interaktif warga sekolah,inspirasi praktis & saluran ide semangat pembelajaran..


Sedangkan feature atau isi dari grup kehumasan sekolah anda semestinya meliputi ;

1.Tautan/catatan/komentar :Warga sekolah boleh menggunakan komentar tautan ,catatan yang dapat membangkitkan semangat pembelajaran ,nilai nilai hidup,atau informasi baru yang bakal memperkaya wawasan warga sekolah (khususnya). Termasuk dapat meng up load foto ,video kegiatan pembelajaran dsb .
2.Agenda kegiatan sekolah: aktivitas kegiatan sekolah dapat diinformasikan disekolah baik agenda kegiatan sekolah maupun event event yang diselenggarakan oleh siswa.

3.Ulasan ; Jika perlu ulasan mata pelajarn yang belum terselesaikan di kelas dapat diulas menggunakan FB oleh guru bersangkutan melalui blog milik guru  atau tautan dari web atu blog nara sumber lain untuk memudahkan siswa memahami landasan konsep/teori.
4.Opini: menampung opini dari siswa dan guru lain dengan “pancingan “ sebuah komentar atau tautan tentang nilai nilai sikap ,moral dan style siswa saat ini. Agar terjadi diskusi dengan menggunakan bahasa yang benar. Termasuk siswa dianjurkan memiliki blogspot sebgai sarana kecakapan menulis dan berbahasa yang dapat ditampilkan pada grup FB sekolah.

5.Info Karir /Sekolah Lanjutan : pengelola grup baik oleh humas sekolah atau bagian adiminstrasi sekolag atau guru ICT yang mendapatkan kerja sama dengan perusahaan atau sekolah lanjutan lainnya (Perguruan Tinggi dsb) sestinya menginformasikan dalam grup FB sekolah. Sehingga siswa memiliki kemudahan akses informasi guna peningkatan karir pendidikan berikutnya . Juga bisa menggunakan tautan tentang info tersebut dari berbagi informasi di dunia maya.

6. Konsultasi Online; Grup FB sekolah dapat dijadikan media online untuk kejelasan informasi kepada Humas sekolah,konsultasi mata pelajaran oleh guru bidang mata pelajaran ,atau curhat kepada guru BK  baik secara diskusi terbuka atau tertutup.

Mengingat FB bisa diakses dimana saja memang sebaiknya ada pengelalo secara formal yang ditunjuk untuk memfilter serta demi ketertiban media tersebut.Namun yang lebih penting semua warga sekolah sebaiknya dapat memiliki sense of ownership dan sense of belonging dalam menjaga citra grup FB sekolah tersebut…Melalui diskripsi  secara jelas tentang keberadaan grup FB Kehumasan Sekolah  anda sekaligus sebagai strategi positioning dan diffrentiation serta branding sekolah ..!

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...