Rabu, 02 November 2011

Pengawas Sekolah “Super Star” Menangani Kecemasan Guru Sekolah Merger






Beberapa staf guru nampak murung ,lantaran sebentar lagi sekolah nya bakal di merger.Mereka mencemaskan sesuatu yang bakal terjadi,bagaimana saya bisa menyesuaikan diri dengan mereka dari sekolah sebelah selama ini dikenal tidak bisa diajak kompromi….saya juga tidak rela murid terbaik saya diakui mereka…? Dsb.

Kemurungan ditempat kerja karena cemas adalah wajar wajar saja  selama tidak mengganggu motivasi kerja.Tetapi membiarkan stress berkepanjangan hanya akan memperpanjang stres dan mengganggu produktivitas kerja.Mengingat pada dasarnya orang akan menderita bila  terpaksa melakukan sesuatu yang tidak disukai .maka disinilah dibutuhkan peran pengawas sekolah sebagai konselor dan motivator bagi guru.Inilah peran pengawas yang semestinya :

Pertama :Managing Complexity

Kompleksitas dan kontradiksi adalah persoalan yang secara real  dihadapi sekolah merger.Tugas Pengawas Sekolah adalah mendorong para guru untuk tidak menghindari persoalan itu melainkan menghadapinya dengan  inovasi dan penuh kreativitas.

Kecakapan Managing Complexity bagi pengawas sekolah diwujudkan dengan keterlibatan secara aktif menstimulasi semangat guru dalam multiple objectives .Meyakinkan guru bahwa dalam pengeloaan sekolah memiliki nilai efficiency ,responsiveness and learning adalah bentuk efektifitas pengawas selaku “konselor”.Lebih tepatnya dapat menjalankan supervise manajerial yakni kemampuan memeberikan pembinaan,penilaian dan bantuan/bimbingan kepada kepala sekolah dan  seluruh staff  dalam meningkatan penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

Kedua .Managing Adaptability

Pada sekolah merger lingkungan dan atmosfir guru mempertahankan ego sektoral nya adalah model atau bentuk transisi dan adaptasi atas perubahan aturan main organisasi sekolahnya.Karena itu membuat guru menyadari arti penting bersikap luwes antara kepentingan pribadi dan organisasi /sekolah  .Ketrampilan seorang pengawas sekolah memperkenalkan arti kemampuan beradaptasi bagi guru dalam kompleksitas persoalan merupakan upaya “survive’ pada  sekolah merger. Mendorong guru untuk dapat memiliki kemampuan mengelola diri adalah kemampuan pengawas dalam mendeliver “Managing Adaptability”.

Kompetensi Kepribadian Pengawas sekolah dalam kemampuan memberikan solusi kepada orang lain (guru )dengan memberikan solusi kepada guru:

1.    Memberikan penyemangatan bagi guru menghayati misi pendidikan sekaligus sanggup meng inspirasi guru untuk bisa beradaptasi dengan berbagai latar belakang budaya /sikap dan perilaku rekan kerja.

2.     Memberikan assurance  akan establishing a fair and suitable system of resource allocation. Mampu bersikap transparan dalam merencanakan dan melaksanakan tugas  sehingga guru merasa akan diperlakukan adil sesuai kinerjanya.

3.    Dalam penelitian dan pengembangan seorang pengawas sekolah melakukan .organizing integrating mechanisms ,kemampuan menentukan prioritas masalah kepengawasan untuk pengawas,,pemecahan masalah pendidikan atau pengmbangan  profesi.

Akan cukup banyak sekolah  yang bakal merger lengkap dengan persoalan kepribadian guru ,inilah saatnya efektifitas pengawas dibutuhkan…!
   

1 komentar:

  1. Inilah beberapa komentar dari Klinik Pendidikan Jatim


    Ani Hapsari pada saat guru mengalami keresahan peranan pengawas semestinya dapat mendatangkan ketentraman...
    03 November jam 13:38 · Suka

    Nanang Hermana
    pernah kjdian tapi kebalikannya malah dipecah karena kelebihan kuota saat itu ada aturankelas sekolah,sehingga menjadi dua sekolah dengan pembentukan sekolah baru dengan penambahan angka 2, hanya perlu dibutuhkan beberapa tahun penyeseuaian...Lihat Selengkapnya
    03 November jam 17:36 · Suka · 1

    Agung Purnomo Sangat manusiawi sekali keresahan yg dirasakan bapak ibu guru tesb. Tapi saya yakin mereka adalah insan2 terpilih yag tentunya akan mampu menyesuaikan diri terhadap kondisi, mekanisme dan kebijakan apapun yg diambil diknas selama demi kebaikan pesrta didik! Saya yakin bapak ibu guru lambat laun akan mampu mengesampingkan kecemasan seiring tugas mulia memajukan peserta didik! Amin!!
    03 November jam 19:11 melalui seluler · Suka · 1


    Narita Hadi Mohon Penjelasan Bpk/ibu Pengawas dalam hal kaitan merger tentunya "visionary supervision "amat dibutuhkan ..kira kira langkah kongkritnya seperti apa....ada yang bisa bantu...?
    04 November jam 8:01 · Suka


    Kank Hari Santoso rekan Narita Hadi "visionary supervision "adalah supervisi yang mengajak team (guru ) tidak membesarkan konflik internal dengan mendorong terciptanya budaya kerja kondusif ditandai dengan adanya komunikasi efektif,kepedulian,kebersamaan dan kerja keras ...disinilah peran pengawas "super star", bukankah begitu pak Soeparno Taslim.... ?
    04 November jam 14:20 · Suka

    Ani Hapsari Pengawas sekolah juga wajib membaca ini karena sekolah merger membawa dampak psikis bagi para guru..
    2 jam yang lalu · Suka

    Tri Rungsido Dadimbah gurunya sudah dewasa, mestinya mudah menerima hal ini n ...
    2 jam yang lalu · Suka

    Tulis komentar...

    BalasHapus

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...