Selasa, 22 November 2011

Kurikulum Belum Sesuai Panduan BSNP


Kank disebabkan kondisi masyarakat ,sarana dan prasarana ,sekolah kami belum bisa menyusun kurikulum sepenuhnya mengikuti panduan BSNP ,langkah apa yang mesti saya lakukan ..?


Tentu yang perlu segera dilakukan upaya menyusun kurikulum seperti panduan BSNP namun mulia lah mempertimbangkan beberapa hal berikut ini

Learning and growth perspective ;kemampuan membuat perencanaan penyelenggaraan yang implementatif dan bermanfaat ,sekaligus sejauh mana perencanaan yang dibuat dapat difahami oleh stakeholder terkait.Terobosan terobosan yang dilakukan dengan keberanian mengambil resiko yang bertanggung jawab untuk kepentingan terbaik bagi siswa.

Internal Persepective: Evaluasi Diri Sekolah diwujudkan dengan Melakukan monitoring ,evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program sekolah sesuai prosedur yang tepat dan memikirkan strategi tindak lanjut.Program Monev harus terintegrasi ,periodik bagi setiap kegiatan dan implementasinya.bersama stake holder ;kepala sekolah ,wakil unsur guru ,wakil komite,wakil orang tua dan pengawas.

Costumer perspective ;kepuasan siswa dan orang tua terhadap mutu proses pembelajaran di sekolah,melibatkan mereka untuk bekerja sama memantau kegiatan pendidikan yang terselenggara secara berkala . keterlibatan siswa,pendidik ,masyarakat dan tendik pada kegiatan ekstrakurikuler yang melibatkan banyak pihak diluar sekolah.

Financial perspective :Pengelolaan keuangan sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntable ,transparan dan effisiens dengan menggunakan pembukuan yang mudah difahami ,terbuka dan transparan .Adanya perangkat audit internal dan eksternal dan yang paling penting adalah kepuasan dan kepercayaan stake holders terhadap sistem keuangan yang ada. Kepercayaan ini akan memudahkan dukungan stake holder untuk memberi dukungan baik yang berupa finansial maupun non finansial.

Jika anda sudah menjalankan empat prinsip tersebut bukan hal yang mustahil sekolah anda dapat melaksanakan kurikulum seperti standar BSNP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...