Kamis, 24 November 2011

Membangun Karakter Siswa di Era Gadget


Kami tahu tidak mungkin membatasi anak berinteraksi dengan dunia maya,namun kami takut dampak negatif nya akan mempengaruhi karakternya..?


Dan kami adakan neraca neraca yang adil di hari kiamat maka tiadalah dirugikan diri seseorang sedikitpun. Dan jika ada amal seberat biji sawi niscaya kami mendatangkan balasannya . Dan cukuplah kami memperhitungkannya . Qs 21 : 47.

Dunia maya bukan saja mendatangkan manfaat bagi perkembangan pengetahuan dan sikap siswa ,melainkan juga membawa efek negatif yang merusak masa depannya jika mereka menggunakan ICT dengan cara yang salah. Maka guru dan orang tua harus memiliki strategi merangkul siswa dalam rangka mendampingi mereka menggunakan ICT secara sehat.

Untuk memenangkan persaingan memperebutkan pengaruh dunia maya ,orang tua perlu jeli mengamati

perilaku mereka,termasuk motif mereka menggunakan dunia maya. Karena siswa dengan rasa ingin tahu nya dan ekingginan bereksplorasi mereka sangat terbuka dengan dunia maya termasuk social medaia,orang tua dan guru perlu “involve” dengan mereka melalaui social media bersangkutan.

Masuklah kedalam “komunitas” mereka dan aktiflah memulai percakapan yang relevan dengan dunia mereka baik secara nyata dan virtual.Bangunlah keterdekatan antara harapan dan kecemasan yang anda miliki dengan hasrat dan kegelisahan mereka.. Kegelisahan itu merupakan cermin gejolak hati siswa atas “target prestasi” dan ketakutan gagal di dunia sekolah maupun di lingkungan sekitar.

Buatlah diri anda mudah untuk diakses melalui gadget mereka, baik dari HP,tablet,netbook atau laptop,membuat aplikasi yang menghubungkan anda dengan mereka adalah kunci mendampingi mereka sehat ber ICT. Beri mereka penguatan dan libatkan mereka dengan berbagai kegiatan yang bersifat aktifitas nyata mengakomodasi keberbakatan dan minat mereka. Tumbuhkan kepercayaan diri mereka dengan kegiatan ekstra kurikuler sesuai keberagaman kecerdasan mereka ,untuk membangun rasa percaya diri dan prestasi mesa depan . sekaligus memberikan kehidupan yang seimbang antara ‘Kecanduan” ICT dan dunia nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...