Kamis, 24 November 2011

Standar Proses Guru Yang “Learning From The Future”


Karakter apa saja yang semestinya dimiliki guru agar dapat membentuk karakter siswa di masa depan,kank hari…..?


"Maha suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan pasangan semuanya ,baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui "QS Yasiin :36

Seorang guru saat ini dituntut memiliki passion yang tinggi untuk berjuang memberikan dedikasinya demi kepentingan terbaik siswa. Mengingat medan yang dihadapi siswa dimasa depan sangat kompleks justru guru pilihan Indikator Standar Proses menurut Standar Nasional Pendidikan (SNP) diharapkan guru dapat melakukan pembelajaran dengan metode yang interaktif,inspiratif ,menyenangkan ,kreatif menantang dan memotivasi peserta didik. Memiliki beberapa karakter ini yang akan mencetak generasi tangguh di masa depan sekaligus memenuhi standar proses SNP:

Interaktif : Guru harus bisa mempengaruhi siswa untuk memiliki gairah belajar melalui integritas /pribadi yang bisa dipercaya sehingga memancarkan karakter yang kuat dan berenergi positif.

Inspiratif :Guru dapat memberikan keteladanan bagi siswa untuk mau belajar tidak hanya untuk berprestasi di bidang akademik tapi juga dapa berprestasi pada bidang minat dan bakat.

Kreatif ; Guru semestinya memiliki kreatifitas dalam mengembangkan konsep pembelajaran dan berinovasi didalam menghadapi siswanya dalam rangka tugas mengajarnya. Inovasi bukan hanya menciptakan sesuatu yang baru tetapi bagaimana membuat hal yang berbeda dengan cara berbeda pula. Guru dapat mendorong siswa berani berinisiatif menyampaikan yang benar dan memperjuangkan idenya.

Menyenangkan : kehadiran guru adalah sosok yang dinantikan siswa Memiliki empati tinggi karena seorang guru yang empati menyerap kemauan siswa dan berpikir dari logika siswa yang logis.

Menantang : guru dapat membangkitkan siswa berani mencoba sesuatu yang baru ,mendorong siswa untuk terus belajar dan bereksperimen.

Memotivasi peserta didik: Siswa dapat memiliki teladan dari insipirasi guru dalam melakukan semangat belajar dengan gairah belajar guru karena memiliki pengetahuan yang luas dan daya analisa yang tajam ,serta mampu memberikan pemahaman kepada siswa setiap trend yang terjadi di tengah masyarakat

Penguasaan ICT; sebagai media pembelajaran dan komunikasi kepada siswa sebagai bentuk kepedulian pada masalah social dan lingkungan belajar siswa; Guru yang hebat harus bersahabat dengan gadget dan tehnologi yang canggih> dalam rangka mendampingi siswa menggunakan ICT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...