Kamis, 24 November 2011

Menghadapi Tuntutun Mutu Pendidikan dari Orang Tua Siswa


Kank ,banyak orang tua yang mulai ‘menyampaikan kritik dan saran nya terutama untuk mutu pendidikan anaknya di sekolah kami apa yang semestinya kami lakukan ..?


‘Wahai orang orang yang beriman . Janganlah kamu dilalaikan oleh harta dan anak anakmu dari mengingat Allah . Dan barang siapa yang bertindak begitu ,mereka orang orang yang merugi”. QS al Munafiqun 9

Patut disadari dengan banyak nya informasi yang diterima orang tua mereka semakin pintar dan banyak tuntutan ,bukan saja sadar haknya ,tapi jauh dibalik itu memang mereka menghendaki peningkatan kualitas hidup anaknya di masa depan lantaran bersekolah. Jadi tuntutan itu semestinya merupakan tantangan bagi guru dan sekolah untuk melakukan perbaikan.

Bagi orang tua menitipkan anak di sekolah lantaran mereka percaya sekolah dapat memberikan pendidikan yang optimal kepada anaknya.Ingat orang tua selalu menghendaki masa depan anaknya jauh lebih baik dari dirinya.Karena para orang tua sangat peduli well being keluarga,menjadi prioritas keluarga,menjadi prioritas utama bagi anda menjaga kepercayaan mereka terhadap pelayanan pendidikan yang anda lakukan.

Berkomunikasilah dengan para orang tua sesuatu yang bisa membuat mereka merasa aman dan nyaman tentang perilaku anak dan cara mendampinginya dirumah.Cerita tentang perilaku anak dikelas kepada orang tua mereka masing masing sangat penting bagi mereka dan dapat memunculkan rasa bangga atas pelayanan anda.Jika anda sanggup memberikan solusi kepada orang tua dalam menghadapi anak ,maka mereka menjadikan anda sebgai guru yang telah peduli kepada siswa dibandingkan memberikan protes karena harapannya tidak terpenuhi .Selain itu mereka menaruh rasa hormat sedalam dalamnya atas program pembelajaran yang anda lakukan.

Mutu pelayanan pendidikan akan jadi semakin penting dimasa depan maka anda harus mempersiapkan strategi yang membuat orang tua percaya atas reputasi sekolah dalam mendidik siswanya. Supaya anda mendapat dukungan dari orang tua dan masyarakat program sekolah dan pribadi anda” sudah harus diterima “oleh mereka .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...