Senin, 14 Januari 2013

Kiat Menghadapi Kelas “Bermasalah “. (Manajemen Kelas )


Kank ,hampir seluruh guru di sini  kewalahan menghadapi kelas 8 E siswa di sana bermasalah ,bagaimana mengatasinya..?

 
 ] Maka sesungguhnya Kami akan menanyai umat-umat yang telah diutus rasul-rasul kepada mereka dan sesungguhnya Kami akan menanyai (pula) rasul-rasul (Kami), Qs Al A'raf; 6

Yang perlu diluruskan adalah persepsi   bahwa kelas 8 E adalah kelas bermasalah dan hampir seluruh guru kewalahan . Karena,perception of event are distorted to fit in our belief system.,persepsi akan membuat anda semakin yakin kelas itu  memang bermasalah dan tidak dapat dikendalikan. Mulai dari diri sendiri untuk membangun persepsi bahwa setiap persoalan pasti ada jalan keluarnya .  Inilah beberapa langkah yang bisa anda lakukan :

Pertama ,Temukan Akar Persoalannya










·         Temui beberapa siswa atau masuk ke dalam kelas ,bangun komunikasi efektif dengan mereka ,seperti “ Terima kasih anak anak ,bapak senang masuk kelas ini ,kelas yang penuh anak kreatif...”.

·         Kumpulkan  “laporan “ siswa  yang berupa keluhan ,kekecewaan atau harapan terhadap kebutuhan  belajarnya.

·         Analisa data yang terkumpul untuk menemukan latar belakang mereka bermasalah.

·         Telusuri rangkaian persoalan /kejadian yang menyebabkan mereka bermasalah.

Kedua ,Brainstorming bersama Team Guru dan Kepala Sekolah

·         Diskusikan temuan anda terhadap persoalan yang sudah anda analisa kepada tim guru ,mintalah saran dan solusi serta pikirkan semua strategi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan.

·                    Identifikasi langkah langkah untuk melaksanakan strategi yang telah disepakati untuk kepentingan terbaik siswa,hindari cara cara represif untuk mengatasi kelas /siswa bermasalah.


·         Susunlah langkah strategis efektif  yang logis berbasis empati  kepada siswa dengan kesepakatan semua guru,tetapkan persuasiive and personal approach sebagai upaya problem solving  atas kelas bersangkutan.

·         Komitmen dan konsisten dalam menjalankan kesepakatan   berikut evaluasi dan verifikasi keberhasilannya. 

                               Ketiga  Strategi Pendekatan Kepada Siswa

·         Buat kesepakatan dengan siswa   tentang aturan main di dalam kelas guna mewujudkan  harapan dan mengatasi kecemasan siswa.

·         Berikan bandingan kepada siswa jika aturan main ditaati untuk keberhasilan mereka meraih mimpinya dibanding mereka  kelakuannya sebelumnya. Tunjuk beberapa Peer educator sebagai tim sukses. 

·         Miliki keterbukaan hati dan pikiran untuk menerima masukan siswa dan miliki pula kesediaan menjadi tempat “curhat “siswa agar siswa merasa ,aturan itu mempunyai manfaat bagi dirinya. 

·          Berikan apresiasi  berupa pujian terhadap  setiap perubahan dan peningkatan perbaikan perilaku  dalam kelas tersebut.

Tidak ada kelas bermasalah ,yang ada adalah masalah   tata kelola  kelas,bagaimana pendapat anda..?

4 komentar:

  1. Matur Nuwun sanget Pak Tip dan Triknya, sebab saya sering mengahdapi masalah ini selama saya menjadi Guru.

    akan saya coba tahap tahap pentunjukkan, semoga membawa hasil yang baik

    BalasHapus
  2. Terima kasih Pak ,senang saya bisa juga berbagi dan belajar dari bapak.

    BalasHapus
  3. Terimakasih postingan berharga di https://www.facebook.com/groups/256418287717594/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih , pak nu ngageugeuh agan guru atas respon nya.

      Hapus

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...