Minggu, 27 November 2011

Siswa Berkarakter Unggul


Bagaimana mengenali ciri ciri siswa yang memiliki karakter unggul ,Kank ..?

Tantangan dunia pendidikan di masa depan tidak hanya mencetak anak dengan kompetensi akademik saja ,melainkan juga memiliki daya saing dan bermental bagus. Mengingat persaingan dan tuntutan akan mutu Sumber Daya Manusia yang semakin dahsyat.Ciri ciri anak yang unggul adalah anak yang memiliki kompetensi menjawab tantangan dan tuntutan tersebut.;

Pertama ,siswa yang memiliki karakter unggul adalah anak yang energik ,punya optimisme dan bersemngat belajar.Sehingga tantangan akademik dan non akademik mampu diselesaikannya dengan baik dengan hati yang bahagia..Bahkan memiliki daya saing untuk mencapai prestasi dalam berkompetisi tingkat regional ,nasional dan internasional.

Kedua , Berprinsip sukses adalah hak,siswa mempuyai keyakinan keberhasilan adalah sesuatu yang bisa diraih termasuk dirinya sendiri ,karena itu siswa memiliki inisiatif untuk belajar lebih giat atau mencapai prestasi guna meraih cita citanya. Tanpa tekanan atau instruksi dari guru orang tua atau orang dewasa lainnya.

Ketiga ,Hasrat belajar nya tinggi,siswa tidak beranggapan bahwa belajar hanya di kelas .namun selalu mencoba menemukan jawaban atas ketidak tahuannya,memlalui beragam media informasi,mulai dari perpustakaan ,media, cetak sampai ICT. Mereka mengasah diri untuk lebih faham ,lebih menguasai dan lebih ahli dari bidang minat yang digemari..Mereka memiliki mental juara dan mampu instrospeksi diri sehingga dapat mempersiapakan diri untuk lebih berhasil dimasa depan.

Setiap anak bisa mencapai suksesnya asal tahu jalannya,kita sebagai orang tua/guru berkewajiban menunjukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...