Ketrampilan Kepala Sekolah Merger,Tinjauan Perilaku Manajemen


Kank ,Apa yang semestinya dilakukan kepala sekolah "pasca "merger agar sekolah menjadi bertambah maju..?

Kepala sekolah harus mampu menjadi teladan dan contoh kongkrit untuk berani terbuka menerima ide,kritik demi kemajuan sekolahnya. Meskipun demikian kepala sekolah perlu melakukan langkah strategis;

Pertama:Pengenalan Kondisi

Kepala sekolah perlu mengadakan pengenalan budaya dan karakter masing masing perilaku organisasi kedua sekolah sebelum atau sesudah merger.Pada tahap ini kepala sekolah harus bisa diidentifikasi persamaan dan perbedaan “karakter” antar sekolah dan memikirkan strategi yang tepat untuk membuat sekolah menjadi lebih baik.Kegagalan mengelola sekolah merger karena hanya berpikir untuk kepentingan pribadi.

Kedua ,Adaptasi

Kemampuan meleburkan seluruh anggota organisasi sekolah dituntut untuk masing masing pihak membuka diri guna bersinergi. Kecakapan kepala sekolah dalam beradaptasi diwujudkan dengan perbaikan budaya yang sudah ada daripada memaksakan diri untuk menerima idenya.

Ketiga , Penguatan Aturan baru

Kesabaran kepala sekolah dalam "mendiskripsikan "aturan baru di sekolah baru semestinya mengandung unsur sistem pengembangan guru dan staf sekolah,pengelolaan dan system laporan,"reward and punishment" serta TIK.kepala harus senantiasa connect dengan para guru untuk proses konsultasi,coaching,mentoring motivating dsb.

Komentar