Sabtu, 05 November 2011

Diversity Management

Dan janganlah kamu berjalan  di muka bumi ini dengan sombong ....QS al Israa :37


Tugas Humas Sekolah terberat adalah  Diversity Management alias membangun kesatuan pandangan rekan rekan guru yang memiliki beragam kepentingan.Dalam  membantu kepala sekolah mengidentifikasi kecemasan terpendam  para guru untuk mencapai iklim yang sehat disekolah,layanan terbaik kepada siswa ,peningkatan mutu prestasi dan pembaharuan ,humas sekolah harus menyusun berbagai strategi yang mendukung.Strategi itu merupakan komitmen seluruh rekan guru terhadap visi dan misi sekolah . meliputi :

1.    Kepala Sekolah selaku leader harus dapat mengakomodasi perbedaan yang membutuhkan pendekatan yang berbeda pula . Keputusan akan kebijakan semestinya  didasarkan pada kepentingan terbaik siswa.

2.    Kepala sekolah harus senantiasa memberi kesempatan dan tantangan kepada team guru untuk menghadirkan kreativitas dan inovasi pembelajaran.


3.    Budaya sekolah semestinya menciptakan harapan terhadap setiap orang akan standar kinerja yang tinggi .Dengan demikian setiap guru dapat memberikan kinerja optimalnya.

4.    Peningkatan pengetahuan ketrampilan dan sikap mental guru  melalui desaian pelatihan yang tepat sesuai kebutuhan kompetensi.


5.    Keterbukaan adalah unsure penting yang harus dijunjung tinggi aparatur sekolah.

6.    Terciptanya situasi sekolah yang dapat membuat bahagia warga sekolah .Sehingga setiap guru mempunyai komitmen dan diberdayakan  untuk mengaplikasikan keahlian dan pengalaman untuk meningkatkan performa optimalnya.

7.    Kepercayaan terhadap warga sekolah dan mendorong agar mereka dapat memahami misi sekolah secara lebih luas. Misi sekolah semestinya menjelaskan tentang batasan dan hak yang diberikan sekolah.

8.    Struktur organisasi semestinya dapat menampung ide dan peluang yang konstruktif bagi kemajuan guru bersangkutan..

Ragam perilaku guru membutuhkan lingkungan  kerja yang mendukung keragaman itu....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...