Peran Komite Sekolah dalam Menangani Komplain Orang Tua Siswa


Kank ,bagaimana peran komite sekolah dalam layanan prima pendidikan guna kepentingan terbaik prestasi siswa terutama mendapat komplain orang tua siswa..?


Dalam penyusunan kegiatan program belajar layanan prima pendidikan anda berhak memberikan masukan kepada sekolah program program kegiatan belajar yang dapat dikembangkan secara optimal. Dengan cara sebagai berikut;

1.Berdiskusilah dengan kepala sekolah ,wakasek kurikulum dan kesiswaan beserta beberapa anggota komite sekolah program yang berkemungkinan dikembangkan bisa dalam bentuk need analysis survey dari siswa maupun FGD.

2. Identifikasi harapan dan kecemasan orang tua terhadap proses kegiatan pembelajaran.Seperti jika pulang telat siapa yang dihubungi.. ?

Berkaitan dengan komplain dari orang tua siswa ini langkah yang bisa anda lakukan

3. Pastikan standar layanan minimal dari sekolah sudah ter lampaui sebelum standar layanan prima ditetapkan.Libatkan guru dalam pengambilan sebuah keputusan kebijakan.Dan sosialisasi kan program tersebut kepada orang tua siswa.

4.Jadilah anda sebagai komite sekolah tempat mengadu keluhan /komplain dari orang tua siswa disamping itu dorong kepala sekolah juga memberikan akses untuk menerima komplain dan keluhan dari mereka

5.Terimalah Komplain dengan lapang dada, komunikasi kan dengan pihak sekolah,dorong kepala sekolah untuk memberikan perintah kepada guru agar dapat menerima komplain dengan lapang dada.Selanjutnya catat dan pantau keluhan yang masuk.Ajak sekolah memiliki ke cepat tanggapan menyelesaikan komplain yang masuk. Sekaligus bersikap proaktif dalam memberikan solusi.

6. Berikan ketenangan kepada orang tua siswa bahwa keluhan akan diselesaikan dengan baik.

Peran komite sebagai mediator akan sangat berperan pada persoalan ini.

Komentar