Senin, 14 November 2011

Sekolah Meger ,Tinjauan Perilaku Organisasi


Kank,apa yang bakal terjadi jika sekolah merger itu sama sama kuat perbedaan karakter organisasi nya..?

Merger sekolah yang kuat organisasi nya rawan konflik di awal ,beberapa kemungkinan bisa seperti ini:

Pertama :Mempertahankan Ego

Masing masing pihak menanggap “ganknya “paling baik keduanya sama sama kuat dan tidak mau mengalah,akibatnya bisa jadi konflik berkepanjangan. Apalagi jika yang muncul adalah perang dingin alias tidak nampak dipermukaan tapi pada prinsipnya mereka tetap belum bisa menerima status perubahan di sekolahnya. Selama masing masing kubu tidak melakukan "provokasi "pada siswa, masih tergolong agak aman.

Kedua ,Dominasi “Kekuatan”

Besarnya dorongan ingin diakui dan menguasai maka bisa jadi pihak yang satu menguasai pihak yang lain apalai jika pihak yang lain merasa tidak PD dan merasa tidak punya kekuatan. Bisa saja warna karakter sekolah bisa hilang secara perlahan.Konflik terpendam bisa saja terjadi dikalangan guru lantaran tidak puas karena merasa dikalahkan.

Ketiga ; Bersatu

Jika kepala sekolah pasca merger memiliki kemampuan mempersatukan maka kemungkinan untuk mempersatukan kedua karakter sekolah adalah sesuatu yang bisa diwujudkan.kepala sekolah memiliki charisma untuk memberikan harapan kebaikan dan kemajuan bagi seluruh guru dengan perubahan yang lebih terstruktur dan terorganisasi dengan peraturan yang lebih rinci dan detil,bahkan tidak jarang dapat menimbulkan kebanggaan.Budaya baru yang membuat seluruh elemen organisasi sekolah memiliki kebanggaan akan membuat sinergi yang membawa kemajuan pesat,kinerja sekolah akan semakin bagus di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...