Selasa, 29 November 2011

Manajemen Sekolah ber Karakter


Kank ,bagaimana mengenali manajemen sekolah yang karakter…?

Sesungguhnya orang yang termulia diantara kamu pada sisi Allah ialah yang paling bertakwa “. Qs al Hujarat:13

Dalam Standar Pendidikan Nasional :Pengelolaan sekolah tercermin melalui kinerja pengelolaan sekolah/madrasah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas diketahui oleh semua pihak. Sedangkan manajemen sekolah yang berkarakter baik (mengandung nilai nilai karakter ) adalah pemanfaatan dan pemberdayaan seluruh sumber pendekatan dalam rangka mencapai tujuan secara efektif dan efisien ,berdasarkan dan mencerminkan nilai nilai dan norma yang luhur ,baik terhadap Tuhan YME ,diri sendiri sesame,bangsa maupun lingkungan.

Di masa depan masyarakat menuntut sekolah untuk menunjukan jati dirinya dalam memberikan pelayanan prima kepada siswa.Karena karakter adalah cermin reputasi sekolah dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar maka sekolah dituntut memberikan suatu konsistensi ,integritas dan energi. Sebagai ciri khas sekolah yang dapat memunculkan kepercayaan dan dukungan stake holder.

Masyarakat berharap sekolah mempunyai peran proaktif dalam kehidupan mereka ,dalam hal ini tiadak hanya menuntut anaknya cerdas secara akademik melainkan sudah merambah pada tumbuh kembang karakter anak. Ketika sebgaian masyrakat memperbincangkan nilai akademik (rangking ,Nilai UJian Nasional ) . maka sekolah yang berkarakter dimaknai sebagai sekolah yang secara serius membangkitkan sisi kemanusiaan anak secara utuh,cerdas,beriman dan berakhlak . Manjemen Sekolah yang berkarakter akan mereflkesikan kepribadian yang mendalam ,budaya sekolah dan perilaku “aparaturnya”. Implementasi manajemen sekolah dengan nilai nilai berkarakter dalam pelaksanaan program.

Dimulai dari karakter jujur disekolah ,jika karakter ini dibangun secara baik disekolah ,maka hal ini mempengaruhi seluruh elemen penyelenggara sekolah sampai siswa menegakkan kejujuran .Dengan demikian menunjukan betapa pentingnya transparansi kepada warga sekolah sehingga dapat memunculkan kepercayaan dan dukungan.

Sekolah yang tidak berkarakter bakal mudah dilupakan orang lantaran tidak ada yang bisa diingat sekolah hanya diingat identitas nama sekolahnya saja. Karakter sekolah harus bisa memenuhi kebutuhan keinginan dan kecemasan terpendam konsumen pendidikan.Sehingga masyarakat semakin tahu tentang manfaat dari sebuah pendidikan. Khususnya manfaat anaknya bersekolah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...