Selasa, 29 November 2011

Karakter Pribadi Guru Sebagai Teladan


Kank ,bagaimana implementasi sederhana dalam pertemuan kelas , karakter jujur dan bertanggung jawab pada perilaku guru agar dapat menjadi teladan siswa..?

Dan mereka karena takutnya kepada Tuhan dengan kuatir menjaga diri QS Al Anbiya ;28

Jujur adalah keberanian mengakui segala sesuatu sebagaimana mestinya,alias tidak bohong. Sedang bertanggung jawab adalah keberanian menanggung konsekuensi logis dari setiap keputusanya. Sedang implementasi dalam perilaku keseharian tercermin dari ;

1. Memiliki kerendahan hati , mau mengakui ketidak tahuan tentang ilmu pengetahuan yang belum dimiliki,termasuk mau belajar kepada siapapun termasuk siswa.’Baik untuk pertanyaan yang satu ini bpk/ibu tidak tahu ada yang bisa bantu…atau ,tugas kalian juga untuk mencari jawabannya besok kita diskusi..”.tanpa perasaan jatuhnya harga diri dsb.

2. Mau menerima masukan dari siswa.Meskipun guru dianggap palin tahu atas ilmu yang dimiliki bukan berarti guru paling tahu kaitan ilmu dengan fakta,data relevansi,informasi terbaru tentang ilmu yang dimilikinya.Karena itu bentuk dari kejujuran guru adalh tidak merasa benar sendiri dan bersedia (juga) menerima informasi ilmu pengetahuan walaupun dari siswa.

3. Komunikasi empati dan persuasive ,komunikasi ini bukan saja membuat siswa nyaman dalam kegiatan pembelajaran dikelas melainkan juga siswa belejar caranya belajar (learn how to learn ) terutama dalam membina relasi dengan orang lain melalui gaya komunikasi gurunya yang bersahabat.

4. Guru bertanggung jawab atas perubahan dan perkembangan kompetensi serta perilaku siswa dalam proses kegiatan belajar.Evaluasi kegiatan belajar tidak hanya meliputi kegiatan akademik tapi juga perilaku siswa dalam proses belajarnya.

Pada dasarnya guru harus memberikan teladan bukan sekedar teori moral tentang karakter !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...