Jumat, 25 November 2011

Manfaat RPP Memperhatikan Perbedaan Individual Siswa


Kank ,sebagai orang tua ingin anak saya dapat muncul prestasi belajar dan daya saingnya ,kira kira sekolah bisa tidak membangkitkan potensi itu..?


Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan . Maka ,apabila kamu telah selesai dari suatu urusan ,kerjakanlah urusan lain dengan sungguh –sungguh . dan hanya kepada Rabb mullah hendaknya kamu berharap . QS al Insyirah 5-8 .

Setiap guru dituntut membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan pada prinsip –prinsip perencanaan pembelajaran dan di evaluasi secara periodik untuk memastikan hasilnya pada peningkatan prestasi belajar siswa.Apabila guru dapat membuat RPP secara konsisten dapat mendorong siswa mencapai prestasinya.

Perlu dicermati pelayanan prima pendidikan disekolah itu ,..:

Apakah RPP sudah merancang strategi pembelajaran yang bisa menciptakan nilai tambah bagi siswa,seperti mengenali minat ,kompetensi dan gaya belajar siswa…?

Apakah RPP guru telah melakukan alokasi waktu dan pikiran untuk mengembangkan ragam kecerdasan anak, sesuai rencana memberikan nilai tambah kepada siswa secara individual ..?,

Bagi Guru yang sudah melaksanakan membuat RPP sesuai Standar Proses (SNP) memungkinkan guru dapat mengembangkan value proposition secara efektif.Sehingga orang tua dapat melihat kapabilitas anak yang menggambarkan kompetensi diri siswa dalam perilaku keseharian.Seorang guru yang bisa mereview RPP nya dapat menggambarkan bagaimana kapabalitas siswa belajar di kelas.Keahlian ini dapat dikembangkan untuk menyusun strategi pembelajaran guna mendefinisikan keunggulan masing masing siswa.

Nilai tambah yang diberikan guru kepada siswa merupakan hal penting bagi prestasi belajar , rasa percaya dan daya saingnya. ,sehingga penting pula bagi guru mengetahui dengan pasti nilai tambah apa yang diberikan sesuai kebutuhan dan motivasi belajarnya.

Komunikasi dan kerja sama orang tua dalam mengembangkan potensi prestasi siswa ini dapat diwujudkan minimal orang tua dapat menginformasikan minat ,kemampuan dan kebiasaan belajar anak dirumah, kepada guru bersangkutan.Sehingga guru dapat mempersiapkan diri untuk menyusun

RPP berdasarkan kepentingan terbaik individual siswa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...