Minggu, 27 November 2011

Strategi Pembelajaran Mencetak Siswa Unggul


Kank , Apa langkah sederhana yang guru bisa lakukan untuk mencetak siswa yang memiliki berkarakter unggul..?

Tantangan guru di masa depan bukan hanya melaksanakan kebijakan target akademik namun dituntut untuk memiliki paradigma membangun karakter (Unggul ) siswa. Yaitu bagaimana cara mereka memandang tantangan dunia pendidikan semakin ketat dimasa depan.Sehingga guru dapat merancang efektivitas stategi pembelajarannya kepada siswa.gaya mengajar hanya sekedar ceramah didepan kelas,mengajar tanpa memperhatikan konsentrasi dan daya serap siswa atau sekedar asal mengajar kurang akurat cara seperti ini sudah tidak relevasn bagi siswa saat ini.

Perubahan Pola Pikir bagi guru yang harus dilakukan:

1. Memandang siswa adalah mitra belajar dalam kegiatan mengajarnya,menekankan betapa pentingnya hubungan yang harmonis dengan siswa. Sehingga hubungan baik merupakan hal mutlak sebelum melakukan kegiatan pembelajaran maupun setelah pembelajarn usai. Karena relasi guru dan yang siswa yang harmonis dapat meninkatkan semnagat belajar siswa dengan lebih berbahagia.

2. Guru tidak terjebak pada beban mengajar dan jam mengajar melainkan berupaya memberikan solusi ,atas kebutuhan ,harapan dan kecemasan terhadap tugas belajarnya.Krena siswa datang kesekolah memiliki maslah yang harus di selesasikannya ,kompetensi akademik,minat ,bakat ,daya saing,kepribadian dan ahlak. Mendidik siswa bukan persoalan beban jam mengajar melainkan bagaimana interaksi dengan siswa dapat membangun karakternya.

3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bukan sekedar administrasi kependidikan,sesuai standar proses SNP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif sesuai kebutuhan peserta didik.Etos kerja seperti inilah yang semestinya dimiliki para guru sebelaum mengajra siswanya.Sehingga setiap pertemuan selalu diawali dengan rencana yang matang ,persiapan yang baik dan dukungan data serta informasi yang lengkap.

Guna mencetak karakter unggul siswa diperlukan keteledanan guru yang berkarakter ,wujudnya adalah integritas dan dedikasi yang unggul,sifat ini yang bakal menginspirasi siswa untuk berkarakter.

1 komentar:

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...