Minggu, 27 November 2011

Wira Usaha Sekolah


Kank ,saat ini sekolah dituntut untuk dapat bekerja sama dengan dunia usaha untuk meningkatkan pendapatan dan pengalaman ber wira usaha,lantas bagaimana memulainya..?

Dunia usaha mengukur kerja sama dengan sekolah menggunakan ukuran kepantasan,baik dalam aktivitas marketing ,pencitraan maupun corporate social responsibility.,sehingga sekolah semestinya harus berupaya mencapai kepantasan yang ditentukan dunia usaha itu !

Mulailah dari kejelasan citra sekolah ,syarat dari perusahaan mau bekerja sama atau memberikan dana hibah bergantung dari citra sekolah bersangkutan,bagaimana sekolah anda memiliki citra yang menarik bagi dunia usaha baik dari sejarah /ide munculnya program sekolah,proses kegiatan belajar mengajar ,profil siswa ,pendiri sekolah sampai keunikan dari sekolah anda.

Jangan lupakan siswa ,staff dan guru agar menjadi ‘Sales” yang menyuarakan citra sekolah tersebut,(every body to be marketer),yang paling percaya dan berpotensi untuk bangga dan menceritakan kepada orang lain.Ingatkan selalu agar mereka menceritakan keunikan sekolah anda kemana pun mereka perg.

Bekerja sama dengan anggota komite sekolah,orang tua siswa dan alumni adalah langkah awal sebagai target market memulai kewira usahaan di sekolah.komunitas dapat menjadi salah satu media promosi gratis bagi kepentingan sekolah. Karena itu sekolah harus berani menyampaikan dan menawarkan program kegiatan yang memungkinkan mendapat dukungan dari mereka. Sekaligus merekomondasi perusahaan yang bisa dijadikan sponsor atau mitra kerja

Bekerja sama dengan industry yang paling efektif dapat dimulai dari menarik mengajak produsen atau merk yang memiliki target market siswa kita alias memenuhi dan melengkapi kebutuhan siswa siswi di sekolah .. Produsen makanan minuman ,majalah ,pulsa Telkom serta produk produk lain yang dibutuhkan siswa.Sehingga kelengkapan kantin sekolah tidak hanya membutuhkan modal untuk kulakan barang ,paling tidak mendapatkan barang titipan (konsinyasi ). Selanjutnya sekolah bisa mengajukan pendanaan kegiatan program /program sekolah karena keberadaan produk tsb bukan hanya omzet tapi nilai promosi karena menggunakan sumber daya siswa yang banyak.Pilihlah aktivitas kerjasama yang win- win solution artinya kedua belah pihak mendapatkan kemanfaatan /keuntungan. Untuk itu ,kegiatan kerja sama harus dirancang bersama guna memenuhi harapan kedua belah pihak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...