Senin, 07 November 2011

Bagaimana Membangun Semangat Kerja Guru ( Muridnya Sedikit)..?



"Guidance ,support and counseling system available for all learner and their families using all available resources. Rapid identification and solution of learning and social problem ..Life long learning C 21 st ".

"Kank ,sebagai pengawas sekolah bagaimana saya meyakinkan guru agar tetap bersemangat mengajar karena murid disekolah itu masih sedikit.. ?"

Saran pertama saya adalah jangan terjebak hanya pada tugas pengawas sekolah secara umum.mengingat kondisi yang anda hadapi memang beda dengan kasus umum.Carilah persepsi yang muncul dibenak guru tentang murid yang sedikit apakah merasa mengajar murid dengan jumlah sedikit tidak memberikan perasaan berharga dari mengajar murid banyak …dsb.

Setelah itu berkomunikasilah dari hati ke hati termasuk memberikan penyadaran akan fungsi dan tugas guru dalam mendidik siswanya. .Ini adalah kompetensi professional Pengawas sekolah terhadap wawasan kependidikan mengenai visi dan misi terhadap peningkatan mutu pendidikan.Sedangkan motivasi juga merupakan supervisi akademik yakni kemampuan memberikan pembinaan,penilaian dan membantu guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran/bimbingan dan hasil belajar siswa.

Pada hakekatnya guru merasa bahwa mengajar murid kurang dari batas umum memang bisa membuat rasa tidak nyaman secara psikologi.Karena itu fungsi motivasi dari pengawas sekolah bersama kepala sekolah semestinya dapat membangun kecakapan responsive dan proaktif guru bersangkutan.Buatlah guru percaya bahwa yang dilakukan mereka dalam tugas mendidik siswa yang berjumlah kurang adalah mulia ,Lantaran guru tidak boleh menyia- nyiakan semangat belajar siswa.

Edukasi yang intensif dapat dimulai secara langsung kepada guru bersangkutan atau mengajak kepala sekolah menciptakan iklim pembelajaran yang penuh semangat.Sebagai Pengawas Sekolah saya sarankan anda harus selalu confident dan punya attitude yang kuat untuk mengedukasi guru agar tetap bersemangat.Sebab semangat itu bisa menular sehingga budaya kerja menjunjung tinggi pelayanan pendidikan secara optimal….semangat anda akan menjadi inspirasi bagi guru disekolah itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...