Kamis, 24 November 2011

Motivasi Belajar Siswa,dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)


Kank , sebenarnya bukan persoalan kompetensi guru tapi memang motivasi belajar siswa kami rendah .Apa yang semestinya saya lakukan agar mereka memiliki prestasi belajar..?


“Wahai segenap manusia,sesungguhnya kalian telah bekerja sungguh sungguh menuju Rabb kalian. Maka kalian pasti akan menemukanNya” QS al Insyiqaq;6

Menemukan alasan umum mengapa mereka memiliki motivasi belajar rendah adalah alternatif menemukan solusi.Namun membutuhkan waktu lama untuk mendorong mereka memiliki semangat belajar tinggi.beberapa jalan keluar yang bisa anda lakukan adalah :

Identifikasi salah satu atau beberapa siswa yang motivasi belajarnya rendah,selanjutnya bimbing secara intensif mereka yang nilai KKM nya belum terlampaui alias akan tidak dinaikan kelas.Berkomunikasilah dengan siswa dan orang tuanya untuk mengembangkan potensi terpendam siswa.Siswa yang bisa melihat dengan jelas masa depannya ,cenderung bisa melihat segala upaya bermanfaat bagi dirinya. Karena itu mendiskusikan secara mendalam strategi mencapai cita cita siswa adalah langkah awal yang sangat penting untuk membangkitkan motivasi belajarnya.

Siswa dan orang tua harus terus diberi informasi dan motivasi guna mewujudkan mimpi anaknya dari sentuhan hati ke hati,Dengan membantu siswa memperoleh bidang minat yang disukai atau memberikan program intensif,memastikan motivasinya tidak padam dikemudian hari . Akan menumbuhkan semangat dan karakter sebagai siswa yang gemar belajar.

Saat berbicara kepada semua siswa ,anda perlu memberikan contoh contoh keberhasilan tokoh atau pengalaman diri sendiri mencapai puncak keberhasilan.Jika perlu ajak alumni yang telah berhasil untuk menceritakan pengalaman suksesnya agar siswa memiliki tokoh panutan. Dorong anak menemukan bakat dan memastikan jalur karir pendidikan serta program pengembangan diri siswa secara jelas ,bisa diuraikan dan sekaligus terkesan mudah pencapaiannya.

Gunakan sebagian waktu di sekolah /dirumah untuk tetap connect dengan siswa agar anda bisa terus membangun motivasi positif bagi siswa. Jadikan diri anda sebagai tempat berkonsultasi,motivasi serta inspirasi siswa.

Setiap siswa memiliki keinginan dari sanalah anda dapat membangun motivasi belajarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...