Sabtu, 19 November 2011

Mengukur Keberhasilan Sekolah Dalam Mendidik Anak,Bukan Hasil UN..!!


Kank, bagaimana mengukur keberhasilan sekolah terhadap pendidikan anak secara sederhana..?


Keberhasilan sekolah dalam mendidik anak terlihat dari upayanya untuk menghasilkan mutu out put tidak saja berorientasi prestasi akademik ,target kelulusan dan pencapaian hasil UN yang maksimal . melainkan setiap anak bahagia di sekolah itu sehingga tumbuh rasa percaya diri ,berdaya saing dan berakhlak.Sedang kan ukuran proses kegiatan belajar nya berbasis mutu pelayanan prima pendidikan. seperti

1. Fokus pada Student Value : Program kegiatan belajar menumbuhkan persepsi siswa tentang manfaat bersekolah di sekolah bersangkutan Sehingga siswa merasa betah dan bahagia mengikuti aneka program kegiatan yang disajikan sekolah itu.Tercermin dari siswa dapat secara suka rela ,tanpa ada paksaan dan berbahagia selama mengikuti kegiatan sekolah.

2. Switching Barier: Siswa dan orang tuanya merasa enggan seandainya diberi pilihan untuk pindah kesekolah lain walaupun dengan fasilitas sarana dan prasarana lebih lengkap.Anak merasa tidak ingin berpisah dari sekolahnya selama menjalani proses pendidikan.berkaitan karena anak mendapatkan Value , baik pada proses pembelajaran,guru guru yang disukai,iklim social psikologis bahkan kegiatan ritual di sekolah bersangkutan.

3. Mengakomodasi minat dan keberbakatan : Siswa merasa dihargai eksistensi dirinya walaupun secara kompetensi akademik belum memuaskan. Namun siswa betah disekolah itu karena minat dan bakatnya dapat tersalurkan sehingga dapat beraktualisasi diri dengan bakat nya sampai mencapai prestasi.Proses inilah yang membuat siswa ,memiliki keperacayaan diri menghadapi kesulitan dan tantangan zaman.

4. Competitive Environment : iklim kompetisi di sekolah itu membuat siswa tumbuh need for achievment nya berlomba lomba berprestasi sesuai bidang minat dan kompetensinya dengan senang hati.Baik kompetisi antar siswa ,antar kelas ,sekolah bahkan internasional.Tanpa menjauhkan anak dari lingkungan sekitarnya.Seperti anak dapat mengenali komunitas lingkungan rumah ,sekolah dan menjadi warga Negara yang baik.

Harapannya anak yang mengalokasikan waktu yang cukup banyak di sekolah tidak membuat nya merasa stres dengan lulus tidak memiliki kompetensi yang memadai buat masa depan nya.Sekolah harus segera melakukan manajemen pelayanan prima pendidikan …!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...