Selasa, 29 November 2011

Pendidikan Karakter itu adalah Proses ,bukan Tujuan.


Kank,sesunggunya apa subtansi pendidikan karakter apakah seperti pendidikan moral yang lainnya sehingga tidak membekas pada mutu lulusan,out come..?

“Jika kalian berbuat baik ,maka kalian berbuat baik pada diri kalian sendiri” QS Al –Isra ‘:7

Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional 20/2003 pasal 3 menyebutkan :

· Pendidikan nasional mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

· Pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ,berakhlak mulia ,sehat,berilmu ,cakap kreatif mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Agar supaya siswa dapat menginternaslisasi nilai nilai tersebut guru berkewajiban memberikan keteladanan secara tulus dan ikhlas dalam kehidupan keseharian dihadapan siswa.Dengan komitmen pada proses:

1. Karakter tidak dapat dicapai secara Instan,karakter bukan dibentuk dalam waktu singkat seperti menghafal teori dari mata pelajaran. Karakter dibangun dari kebiasaan yang sudah mengkristal dalam perilaku. Seorang guru patut memperbaiki perilakunya dan belajar hal hal baru sampai tebentuk karakter seperti yang dikehendaki undang undang SNP tersebut.

2. Bangga memegang teguh nilai nilai karakter.Walaupun sangat berat bagi guru membangun karakternya diantara perilaku sebagaian oreng lebih egois berpikir keunungan sendiri.Namun guru harus yakin dan tidak ragu bahwa menjadi guru yang berkarakter dapat membuat hidup lebih bermakna.

3. Mengutamakan sikap,membangun karakter selalu dimulai dari sikap mental positif.mereka meyakini dan juga mempraktikannya,bahkan ditengah gempuran godaan. Sikap mental guru berkarakter diterjemahkan dalam kehidupan sehari hari.Guru disiplin mengamalkan nilai nilai itu dengan disiplin.

4. Rencana pelaksanaan pembelajaran bukan hanya tugas administrative melainkan upaya strategi pembelajaran guna mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.Sehingga dapat meningkatkan IQ,EQ,AQ dan SQ siswa.

Guru selalu punya tantangan untuk memberikan pendidikan karakter ,mendorong siswa berbuat baik,membantu menemukan bakat sehingga berguna buat kecakapan hidupnya dimasa depan menjadi siswa yang tumbuh menjadi pribadi mandiri yang sukses namun berkarakter sebagai manusia yang diinginkan Tuhan Yang Maha Esa. Semua menuntut guru untuk mempunyai bekal dan wawasan disamping teladan dalam “memperkenalkan” nilai karakter kepada siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...