Minggu, 27 November 2011

Positioning” Guru ,Pembelajaran Matematika Lebih Mudah


Saya ingin siswa –siswa punya hasrat belajar terhadap materi pelajaran saya (matematika),bagaimana saya memulai kegiatan awal pembelajaran …?


Indikator standar proses pembelajaran adalah para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi,serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran.

Setiap kegiatan pembelajaran yang efektif kekuatannya memang terletak pada persepsi di benak siswa.Matematika bisa dirasakan bisa mendatangkan kesulitan oleh sebagian besar siswa,namun boleh saja siswa berperspsi demikian ,anda harus dapat memastikan dan menunjukan bahwa belajar bersama anda matematika menjadi menyenangkan dan bisa dikuasai.

Itulah sebabnya positioning strategic bagi guru adalah sesuatu yang penting,untuk menentukan pembelajaran yang anda lakukan berbeda dari guru matematika yang lainnya.Untuk memposisikan diri agar bisa diterima siswa perlu menggali kekuatan kompetensi akademik dan kecemasan siswa mengahadpi konsep matematika untuk mencari sumber sumber cara tepat mendekati siswa.. memposisikan diri di benak siswa tidak harus pamer segala macam keahlian tapi cukup membuat siswa suka dan bersemangat belajar Matematika sudah cukup.Beberapa unsur memposisikan diri yang perlu di cermati.

Importance ; artinya membagunkan kesadaran dan keyakinan siswa bahwa belajar matematika itu penting untuk menatap masa depan lebih baik.Karena hampir seluruh aspek kehidupan tidak bisa dilepaskan dengan matematika termasuk kesuksesan siswa dalam karir di masa depan.

Delivery : cara pembelajaran matematika tidak boleh dilepaskan dari logika yang logis.Sehingga siswa tidak terjebak pada hafalan rumus rumus . Menggunakan alat peraga ,simulasi,game atau praktek langsung dengan gembira dan penuh tantangan akan membuat siswa penasaran untuk belajar lebih dalam tentang matematika.

Uniuqeness :keunikan anda mengajarkan matematika akan menjadi daya tarik siswa untuk bersemangat mengikuti setiap topic bahasan yang anda sajikan.Sehingga kehadiran anda senantiasa dirindukan siswa untuk menemukan cara cara baru menaklukan kesulitan belajar matematika. Sehingga matematika bukan lagi mata pelajaran yang perlu ditakuti.

Posisikan diri anda sebagai guru yang dapat mendatangkan kesenangan belajar bagi siswa..!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...