Senin, 13 Februari 2012

A Resynthesis of Schoolling Tantangan Sekolah Untuk Masa Depan Pendidikan


“Mereka itu segera untuk mendapat kebaikan kebaikan dan merekalah orang orang yang segera memperolehnya “. QS Al Mukminun 61.



Tantangan terbesar sekolah  adalah keserasian antara tuntutan kurikulum dan perkembangan paradigm pembelajaran dengan tuntutan transformasi pengetahuan.Apakah sekolah sanggup menterjemahkan makna paradigma pendidikan,menjelaskan dan memprediksi berbagai isu dan trend perilaku yang berkembang dimasyarakat  nasional dan global Pemahaman akan pelayanan prima pendidikan adalah sarana untuk menjawab analisis ,rasional dan pragmatis.

Pelayanan Prima Pendidikan  merupakan interaksi antara kebijakan pendidikan,manajemen sekolah dan stategi pembelajaran.Strategi pembelajaran yang efektif harus mampu menganalisis dan memecahkan isu isu pendidikan yang timbul,bukan hanya akademik namun pembangunan karakter siswa.Sekurang kurangnya sekolah patut memperhatikan dua cakup pelayanan prima pendidikan yang diselenggarakan di sekolahnya.Yaitu : 1 Fokus pada pencapaian target kompetensi  dan prestasi yang ingin dikembangkan disekolah itu    2. Membangun  kesadaran karakter team kerja sekolah mengapa target itu harus dicapai.

Semakin banyak jumlah siswa yang ditampung dalam rombongan belajar,semakin besar pula kontribusi   disiplin pelayanan prima untuk menjelaskan dan memecahkan berbagai permasalahan pendidikan disekolah bersangkutan.Artinya seluruh aparatur sekolah dituntut dapat menjalankan pelayanan prima sudah serasi dengan target sekolah dan harapan masyarakat..Jika yang terjadi sebaliknya ,maka relevansi pelayanan prima pendidikan disekolah anda tidak sesuai target dan harapan mereka.

Relevansi pelayanan prima pendidikan disekolah harus menggambarkan tatanan pemikiran dal praktek standar pendidikan pada masa kini maupun penyesuaian di masa depan ,sesuai Standar Nasional Pendidikan. Berikut elemen pelayanan prima yang semestinya menjadi pedoman guru dan kepala sekolah dalam menjalankan tugas profesinya.


  1. Falsafah Pendidikan

Paradigma  fokus pada telenta siswa adalah implementasi dari falsafah pendidikan Tut Wuri Handayani,pendidikan diharapkan dapat memberi dukungan terhadap potensi setiap siswa. Tagunggung jawab penyelenggara pendidikan adalah menjadi “kode etik” setiap kebijakan pendidikan disekolah bersangkutan. Sekaligus menjadi patokan kinerja sekolah.

  1. Orientasi Pembelajaran

Pembelajaran harus dimaknai tidak sekedar mengajar secara tradisional-klasikal dengan berceramah,Namun pembelajaran harus diartikan membangkitkan rasa ingin tahu siswa dalam ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus mengarahkan mereka untuk menguasainya. Strategi dan metode pembelajaran harus dikembangkan agar siswa dapat memperoleh ilmu pengetahuan yang berguna bagi masa depannya kelak.


  1. Ruang lingkup makna belajar

Pembelajaran tidak hanya transform informasi dari guru ke peserta didik ,namun harus dapat memenuhi kebutuhan berwujud dengan motif memperoleh ilmu pengetahuan dan akhlak mulia.Artinya guru dan kepala sekolah menyediakan lingkungan sekolah ramah anak,sehingga anak betah belajar disekolah bersangkutan.


  1. Perspketif Pembelajaran

Jika selama ini efektifitas belajar dinilai dari kompetensi akademik guru atau senioritas pengalaman guru mengajar bergeser kearah mental attitude guru pada saat mengajar. Perspektif ini  ini dilandasi bahwa kebutuhan dan preferensi siswa bahwa guru yang dapat memberikan rasa nyaman secara psikologis membuat siswa lebih betah belajar daripada guru yang ditolak kehadirannya.Sekaligus guru yang dapat menjadi motivator bagi siswa untuk meningkatkan daya saing berkelanjutan.  



  1. Peran Masyarakat

Fungsi peran masyarakat dibutuhkan bagi partisipasi  dukungan dan dukungan kegiatan sekolah. Mengingat waktu anak dirumah jauh lebih banyak keterlibatan orang tua untuk menjadi pendamping,motivator serta supervisor pembelajaran  dirumah ,amat dibutuhkan guna mendukung prestasi anak disekolah. Karena itu pihak sekolah harus mampu merangkul orang tua dan stake-holder lainnya  untuk kemajuan sekolahnya.


  1. Pondasi Pelayanan Prima Pendidikan

Paradigma pelayanan pendidikan disekolah yang terdiri dari kebutuhan belajar siswa –strategi pembelajaran berdasar kurikulum Standar Nasional Pendidikan dan analisis kondisi sekolah –strategi keunggulan daya saing berkesinambungan  .Paradigma tersebut semestinya bergeser menuju  value learning yakni  menciptakan pelayanan yang dapat membangkitkan prestasi akademik ,non akademik siswa ,berdaya saing dan berakhlak.Sekolah tidak boleh hanya ribet dan ribut soal nilai hasil Ujian Nasional Saja melainkan berfokus pada mutu proses pelayanan pendidikan selama siswa belajar.Paradigma ini sangat sesuai dengan tuntutan dan tantangan zaman.



Perkembangan pelayanan pendidikan  disekolah masih didominasi oleh pemahaman bahwa  mutu keberhasilan   dinilai dari hanya peraih nilai ujian nasional tertinggi,sehingga sekolah lupa memupuk profesionalitasnya yakni membangkitkan setiap telenta ,potensi unik setiap siswa menjadi sebuah prestasi membanggakan ….

2 komentar:

  1. Solatun Dulah Sayuti UNTUK KEPERLUAN PENGUKURAN...memang baru itu yang dapat dilakukan oleh para engineer kependidikan, memang kita masih memerlukan kemauan dan kemampuan tambahan untuk supaya menilai sesuatu itu tidak dari kulitnya saja
    sekitar sejam yang lalu · Suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heli Setiawati
      Sebenarnya tidak sepenuhnya seperti itu. Kami guru di sekolah berusaha dengan sekuat tenaga untuk mengembangkan talenta siswa meskipun ada UN. Saya mengajar bahasa, tetapi saya tetap mengasah ke4 ketrampilan siswa sesuai dengan kurikulum yang berlaku, bahkan untuk melatih ketrampilan menulis, kami sudah memperkenalkan penelitian betulan dan melaporkan dalam bentuk karya ilmiah, begitu juga dengan ketrampilan lainnya. Banyak prestasi yang sudah didaptkan oleh anak bangsa melalui karya tulis ilmiah, tahun ini dari SMA Bali dan Jakarta bahkan mendapatkan juara 1 dan 2 dalam lomba karya ilmiah internasional. mereka dipanggil ke SanFransisko untuk pembagian hadiahnya. Hanya saja hal seperti ini gaungnya kalah dengan juara dangdut yg selalu disiarkan di TV...

      Hapus

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...