Senin, 23 Juli 2012

Dikucilkan Rekan Guru Saat Kenalkan Teknologi Pendidikan


Kank ,niat saya baik saya ingin menciptakan metode pembelajaran yang mudah dimengerti dan disukai siswa sehingga mereka bisa bersemangat belajar.Para sih sangat menikmati dan bisa lebih mudah menyerap materi pelajaran ,namun saya malah “dikucilkan rekan guru karena dianggap aneh.... Lantas apa yang harus saya lakukan...?

“.................karena itu ,maafkanlah mereka ,mohon ampun bagi mereka dan bermusyawaralah  dengan meraka dalam urusan itu . kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad maka ,bertawakallah.......QS Ali Imran 159.


Tetaplah menjadi diri sendiri  dengan ide dan gagasan cemerlang yang sudah anda miliki walaupun anda harus tetap menghargai rekan guru yang mengucilkan anda lantaran ketidakmengertiannya butuh waktu memang untuk membuat mereka mengerti.   Sesuatu yang baru memang rentan terhadap penolakan ,kerana didalamnya berisi konsekuensi logis ketidak tahuan,adanya perubahan serta rasa iri. Namun jika pembaharuan dalam metode mengajar di niatkan dengan niat yang iklash  demi kepentingan terbaik siswa ,waktu yang akan membuktikan kebenaran niat anda.

Inilah beberapa TIPs agar anda tidak terlalu dikucilkan.

1.       Miliki strategi komunikasi: dalam rapat dewan guru anda harus berani “melaporkan “ kegiatan belajar dengan metode yang anda lakukan sekaligus data perkembangan  kompetensi siswa. Ketidak tahuan yang menyebabkan mereka mengucilkan anda disebabkan persepsi yang belum clear dari metode anda.Karena itu kemampuan anda untuk mengkomunikasikan metode pembelajaran adalah bagian dari responsive and  responsible ,being conscious  of what is going arouond you.

2.       Pelajari perilaku anda.  Bisa jadi pengucilan atas diri anda tidak semata –mata  karena metode pembelajaran yang anda kembangkan melainkan disebabkan oleh perilaku anda yang dipersepsi tidak “bersahabat”,merasa paling atau malah anda sendiri belum menjadi sahabat baik bagi mereka. Sehingga penolakan kian kencang karena anda dianggap bukan sahabatnya. Mintlah pendapat rekan terdekat yang anda percaya lasan mereka mengucikan anda ,jika alasan itu benar segeralah menata diri ,namun jika alsan itu tidak benar jangan marah tetaplah bersikap baik sebagai seorang sahabat,maafkan , bermusywarahlah jika memang sangat menggagu eksistensi mereka dan bertawaklah kepada Allah.
Learn what you have to do to change teaching metode,your mental attitude  and the situation.

3.       Fokus pada Kepentingan terbaik siswa.Para pelopor memang harus berjuang sendiri membuktikan keyakinannya. Karena itu yakinkan diri anda atas metode yang anda kembangkan  benar benar efektif bagi keberhasilan siswa dalam belajarnyaTermasuk nilai sikap dan perilaku siswa belajar bersama anda seperti beberapa soft skill yang nampak dalam ucapan dan tindakan siswa  seperti ;
·         Adanya peningkatan kreatifitas dan motivasi belajar peserta didik.
·         Siswa memilki ketrampilan ,kemampuan dan perkembangan dalam creative problem solving.
·         Siswa dapat memperagakan hasil pengetahuan yang didapatnya.
·         Terpenuhinya rasa ingin tahu serta daya belajar siswa lebih dalam.
·         Siswa memiliki kesempatan dalam mengalami proses belajarnya sendiri.
·         Siswa memilki keberanian berpendapat,uji coba,bereksplorasi dan mandiri.
·         Siswa dapat menunjukkan sikap gembira dan merasa bermakna selama mengikuti kegiatan belajar.
·         Siswa dapat terasah kecakapan komunikasinya,memiliki disiplin ,rasa tanggung jawab ,ketrampilan  sosial dan berinteraksi dengan lingkungan.
·         Membangkitkan minat  siswa  lebih dalam dengan sesuatu yang baru mengingat bahwa childern are natural scientists . they want to know about everything.

Pada akhirnya orang akan mendukung anda jika anda dapat membuktikan keefektifan metode pembelajaran yang anda kembangkan terhadap mutu kompetensi dan mutu lulusan ...deal with competition and stay focus .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...