Kank ,niat saya baik saya ingin
menciptakan metode pembelajaran yang mudah dimengerti dan disukai siswa
sehingga mereka bisa bersemangat belajar.Para sih sangat menikmati dan bisa
lebih mudah menyerap materi pelajaran ,namun saya malah “dikucilkan rekan guru
karena dianggap aneh.... Lantas apa yang harus saya lakukan...?
“.................karena itu ,maafkanlah mereka ,mohon ampun bagi
mereka dan bermusyawaralah dengan meraka
dalam urusan itu . kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad maka
,bertawakallah.......QS Ali Imran 159.
Tetaplah menjadi diri
sendiri dengan ide dan gagasan cemerlang
yang sudah anda miliki walaupun anda harus tetap menghargai rekan guru yang
mengucilkan anda lantaran ketidakmengertiannya butuh waktu memang untuk membuat
mereka mengerti. Sesuatu yang baru
memang rentan terhadap penolakan ,kerana didalamnya berisi konsekuensi logis
ketidak tahuan,adanya perubahan serta rasa iri. Namun jika pembaharuan dalam
metode mengajar di niatkan dengan niat yang iklash demi kepentingan terbaik siswa ,waktu yang
akan membuktikan kebenaran niat anda.
Inilah beberapa TIPs agar anda
tidak terlalu dikucilkan.
1.
Miliki
strategi komunikasi: dalam rapat dewan guru anda harus berani “melaporkan “
kegiatan belajar dengan metode yang anda lakukan sekaligus data perkembangan kompetensi siswa. Ketidak tahuan yang
menyebabkan mereka mengucilkan anda disebabkan persepsi yang belum clear dari
metode anda.Karena itu kemampuan anda untuk mengkomunikasikan metode
pembelajaran adalah bagian dari
responsive and responsible ,being
conscious of what is going arouond you.
2. Pelajari perilaku anda. Bisa jadi pengucilan atas diri anda tidak
semata –mata karena metode pembelajaran
yang anda kembangkan melainkan disebabkan oleh perilaku anda yang dipersepsi
tidak “bersahabat”,merasa paling atau malah anda sendiri belum menjadi sahabat
baik bagi mereka. Sehingga penolakan kian kencang karena anda dianggap bukan sahabatnya.
Mintlah pendapat rekan terdekat yang anda percaya lasan mereka mengucikan anda
,jika alasan itu benar segeralah menata diri ,namun jika alsan itu tidak benar
jangan marah tetaplah bersikap baik sebagai seorang sahabat,maafkan ,
bermusywarahlah jika memang sangat menggagu eksistensi mereka dan bertawaklah
kepada Allah.
Learn what you
have to do to change teaching metode,your
mental attitude and the situation.
3.
Fokus
pada Kepentingan terbaik siswa.Para pelopor memang harus berjuang sendiri
membuktikan keyakinannya. Karena itu yakinkan diri anda atas metode yang anda
kembangkan benar benar efektif bagi
keberhasilan siswa dalam belajarnyaTermasuk nilai sikap dan perilaku siswa
belajar bersama anda seperti beberapa soft skill yang nampak dalam ucapan dan
tindakan siswa seperti ;
·
Adanya peningkatan kreatifitas dan motivasi
belajar peserta didik.
·
Siswa memilki ketrampilan ,kemampuan dan
perkembangan dalam creative problem
solving.
·
Siswa dapat memperagakan hasil pengetahuan yang
didapatnya.
·
Terpenuhinya rasa ingin tahu serta daya belajar
siswa lebih dalam.
·
Siswa memiliki kesempatan dalam mengalami proses
belajarnya sendiri.
·
Siswa memilki keberanian berpendapat,uji
coba,bereksplorasi dan mandiri.
·
Siswa dapat menunjukkan sikap gembira dan merasa
bermakna selama mengikuti kegiatan belajar.
·
Siswa dapat terasah kecakapan
komunikasinya,memiliki disiplin ,rasa tanggung jawab ,ketrampilan sosial dan berinteraksi dengan lingkungan.
·
Membangkitkan minat siswa lebih dalam dengan sesuatu yang baru mengingat
bahwa childern are natural scientists .
they want to know about everything.
Pada akhirnya orang akan
mendukung anda jika anda dapat membuktikan keefektifan metode pembelajaran yang
anda kembangkan terhadap mutu kompetensi dan mutu lulusan ...deal with competition and stay focus .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar