Kamis, 18 Agustus 2011

Memperkenalkan Keunggulan Kurikulum Sekolah , Curriculum Differentiation Strategic


“Banyak bermunculan sekolah unggulan membuat kami harus memutar otak agar sekolah kami dikenali memang beda dari sekolah lain ,strategi apa yang harus saya lakukan. Yayasan selalu marah marah lantaran beberapa tahun ini siswanya berkurang padahal lulus 100 %...”.pertanyaan peserta seminar kepada saya.

Membuat sekolah bapak dikenal beda dengan sekolah lain strategi yang bapak kembangkan adalah differentiation strategic . Menurut Philih Kotler maha guru marketing dunia “ differentiation is actually differentiating the firms market offering to create superior costumer value’. Jika diterjemahkan untuk sekolah bapak adalah pembedaan penawaran pelayanan pendidikan untuk menciptakan nilai unggul bagi mutu lulusan. Dalam hal ini kurikulum adalah konten dimensi dari diferensiasi .

Sedangkan menurut Hermawan Kartajaya mendifinisikan konten adalah menunjukan nilai “apa ‘ yang ditawarkan kepada siswa & masyarakat.

Agar lebih mudah difahami saya coba urai perihal yang dimaksud

Content/Konten:Sekolah yang anda pimpin semestinya dapat membuat anda bisa membedakan diri dari pesaing anda berdasarkan apa yang anda tawarkan (kurikulum )kepada masyarakat.Bukti nyata dapat terlihat dari mutu lulusan ataupun mutu siswa saat selama menjalani proses belajar di sekolah bapak.

Misalnya sekolah ingin dibedakan dari kurikulum untuk mutu siswa dalam kedisiplinan ,keilmuan dan kepemimpinan.

Ambil contoh ;

SMA Titian Teras,Sekolah yang berlokasi dijalan Jambi- Muara Bulian kabupaten Mauro. Setiap siswa diberi kewajiban member salam hormat layaknya tentara. Dimana kapan saja. Sekolah ini memiliki kurikulum khusus bela Negara ,kesamaptaan dan kepemimpinan. Instrukturnya dari pensiunan tentara. Kegiatan baris berbaris,survival dan membaca kompas adalah konten dari kurikulum ini. Untuk kelas X dan XI ada kelas khusus menembak.

Harapan sekolah bersangkutan dengan konten kurikulum tersebut adalah agar siswa selain cerdas dan beriman ,juga memiliki jiwa kepemimpinan ,kemandirian disiplin dan kebugaran fisik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...