Senin, 22 Agustus 2011

Kompetensi Akademik & Soft Skill,Kepala Sekolah.


“Kank ,banyak Kepala Sekolah lulusan S2 yang kadang tidak mencerminkan perilaku intelektualitasnya dalam mendidik dan mengelola sekolah ,apa sebenarnya yang terjadi..?”.pertanyaan ini diajukan pendengar RRI saat saya Siaran PENDIDIKAN &PENGEMBANGAN SDM.

Sederhananya semakin tinggi ilmu yang dimiliki seseorang semakin bijak perilakunya.Kecakapan akademik yang didapat dari program S2 bukan cuma aneka konsep pengetahuan melainkan juga nilai perilaku yang tercermin dari sikapnya dalam keseharian .Life skill.

Sedangkan indikator soft skill yang semestinya dimiliki oleh lulusan S2 dengan berbagai pengalaman dan pelatihan adalah sebagai berikut.

Leadership

Kemampuan mengkomunikasikan visi dan misi sekolah guna peningkatkan mutu pendidikan. Menjabarkan visi dan misi secara relaitas mudah dilaksanakan oleh semua pihak.Memberikan keteladanan dalam menjalankan visi dam misi sekolah sehingga menjadi school culture dimana kepela sekolah tersebut bertugas.Tegas dan tidak pilih kasih dalam menegakkan aturan.

Open Minded

Memiliki kesedian untuk diakses oleh siapa saja termasuk orang tua siswa terutama dalam hal segala macam transparansi dan informasi sekolah .Kesedian untuk mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain.kemampuan mengelola team work untuk kemajuan dan kepentingan terbaik siswa.Memiliki kecepatanggapan dalam merespon persoalan sekaligus dan memberikan jalan keluar.

Adaptation skill.

Kemampuan untuk beradaptasi sehingga kehadirannya diterima oleh semua pihak.Sehingga ketika hendak melakukan perubahan denagan ide ide kemajuan team guru dapat menerima dengan baik.Memiliki emotional intelligent yang memadai dalam menghadapi berbagai intrik dan konflik ,memiliki kecakapan negoisasi dan tahan terhadap tekanan pekerjaan dan target.

Expert Management Skill


Kecakapan menjerial diwujudkan dengan kemampuan menyusun perencanaan penyelenggaraan sekolah yang implementatif dan bermanfaat.Sekaligus mengevaluasi hasil implementasi yang diperoleh sesuai dengan visi misi sekolah. Serta kemampuan menyakinkan pihak stake holder guna memberikan dukungan.Dinamika kegiatan sekolah terukur dengan partisipasi aktif semua pihak (guru,tenaga kependidikan dan siswa) dengan dukungan wali murid dan masyarakat.

Good decision maker.

Kemampuan kepala sekolah dalam mengelola guru dan staf dalam rangka pengikatan SumberDaya Manusia secara optimal .Termasuk kecakapan pengambilan keputusan pemberian kesempatan pada para pendidik dan tendik untuk mengasah kemampuan diri dan mengembangkan karir secara fairness dan accountable .menciptakan kepuasan tendik dan tenaga kependidikan terhadap kebijakan kepala sekolah .Sehingga pencapaian prestasi para guru memiliki daya saing.


Inilah beberapa kecakapan dasar soft skill Kepala Sekolah apalagi yang sudah lulus S2..!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...