Kamis, 18 Agustus 2011

Kepribadian Tangguh Dalam Belajar.


Kank ,saya ingin siswa terbangun kepribadiannya dalam prestasi akademik . Artinya siswa memiliki semangat dalam belajarnya secara sadar.Program apa yang bisa saya kembangkan di SMA kami..?


Sebelum menjawab pertanyaan bapak ada baiknya kita fahami terlebih dahulu apa personality atau kepribadian itu. Menurut Gordon W.Allport definisi dari kepribadian adalah sebagai berikut : personality is the dynamic organization within the individual of those psychophysical system that determine his unique adjustment to his environmental”.

Dengan kata lain bahwa membangun kepribadian siswa dimulai dari determine his unique adjustment to his environmental,penyesuaian yang unik dari siswa terhadap sekolahnya.Menciptakan derajat hubungan yang terjalin dan terkait antara siswa dan kegiatan sekolah merupakan dasar membentuk kepribadian siswa.

Program “pembiasaan” dalam kegiatan siswa harus mencakup frekuensi,derajat kepentingan dan keterlibatan dalam interkasi antara siswa dengan kegiatannya itu sendiri.Sehingga siswa merasa;

• Kegiatan ini memberikan manfaat dan kesenangan dalam kehidupan saya.
• Aku merasa ada sesuatu yang hilang jika absen sekali saja pada kegiatan itu.


Dengan demikian siswa dapat memiliki emotional attachment terhadap kegiatannya lantaran pengkondisian yang telah di programkan oleh sekolah.

Misalnya:

Dalam bidang akademik ; metodologi pembelajaran yang dikembangkan tidak hanya membiarkan guru bisa berceramah didepan kelas melainkan perlu inovasi dan kreasi. Seperti ; siswa dikondisikan untuk belajar mengerjakan proyek penelitian. Saat mulai penjurusan kelas XI,siswa mendapatkan pengetahuan dan bimbingan membuat proposal untuk menyusun program penelitian.Hal ini dipergunakan untuk siswa yang mendapatkan tugas penelitian saat di kelas XII.

Kegiatan pembuktian ilmu dapat diwujudkan dengan lebih sering mengajak siswa ke laborotarium atau mengadakan berbagai percobaan.Dapat dilakukan pula pembelajaran dengan menggunakan game guna merangsang intuisi pengetahuannya sekaligus memahami rumus .Setelah itu setiap siswa diminta membuat konstruksi teorinya sekaligus presentasi mempertahankan teorinya yang didapatnya..acara menjadi fun dan seru.

Kepribadian siswa yang terbentuk dalam prestasi akademik adalah mereka terbiasa memecahkan persoalan dengan urutan logika yang logis,mengerjakan soal secara cepat dan tepat,memperkuat konsep ,mempelajari konsep konsep baru sebagai tambahan pengetahuan serta memiliki ketahanan dalam menyelesaikan tugas lantaran dalam kondisi fun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...