Senin, 23 Mei 2016

Matrik Desain Pembiasaan Mental Juara Pada Peserta Didik


Kank Hari  Santoso, Praktisi Dan Konsultan Kehumasan Sekolah
“Kank , bagi kami soal pengetahuan  akademik dan keterampilan kerja bukanlah hal sulit untuk dilatihkan tetapi , menemukan karyawan yang berbudaya kerja professional  dan bermental juara itu yang lebih kami butuhkan , betulkah sekolah telah membagun karakter itu ..” Kata Seorang Manager Perusahaan Consumer Good kepada saya

Saya menjawab, mungkin tapi tidak semua ..!”

 Selanjutnya, Saya mencoba membuka catatan  materi tentang Pelatihan Kehumasan Sekolah tentang membangun Integritas dan Citra Sekolah Unggul  yang saya bawakan pada workshop tersebut . Kurang lebih seperti ini:
1.       Deskripsi tujuh perilaku yang harus dikembangkan disekolah
2.       Indikator keberhasilan
3.       Peserta didik sebagai subjek sasaran
Supaya mudah dimengerti saya susun  berikut ini :


Desain  Pembiasaan Mental Juara Pada Peserta Didik
Value
Description
Performance Indicator
Creative Problem Solving Skill
Kemampuan mengenali dan  menemukan masalah  sekaligus dapat mengambil keputusan sebagai solusi.
Siswa dapat menyelesaikan masalah dan menemukan  solusi atas permasalahan yang dihadapi baik dalam tugas akademik maupun persoalan hidup yang dihadapi.
Time Management
Pengelolaan waktu secara optimal untuk peningkatan mutu kehidupan.
Siswa dapat mengatur skedul , jadwal dan skala prioritas serta pemanfaatan waktu luang untuk kegiatan yang lebih bermutu.
“Performance”
Kerapian, kesesuaian dan kesehatan fisik nampak pada penampilan yang dapat berkesan cerdas , berwibawa dan bercitra diri positif
Siswa sehat secara ruhani dan jasmani dengan penampilan rapi , serasi dan berseragam sekolah sebagaimana mestinya, sehingga dapat meningkatkan harga diri dan bangga pada almamaternya.
Positive Mental Attitude
Memiliki kepercayaan diri yang utuh dan optimis dalam menyambut tantangan.
Siswa tidak mudah cemas dan pesimis dalam menghadapi segala perubahan dan tantangan serta memiliki semangat bersaing  
Respon –Ability
Kecepat tanggapan , rasa memiliki dan berani bertanggung jawab terhadap pilihan sikap
Siswa pantang menyerah pada kegagalan dan berani mencoba lagi , bermental siap kalah dengan berlatih lebih gigih.
Decision Making Skill
Yakin dan mantap pada keputusan setelah melewati proses analisa yang akurat
Siswa memiliki kemantapan hati untuk mengambil keputusan dengan keyakinan dan tidak ragu ragu. Setelah mempertimbangkan resiko dan konsekuensi yang bakal diterimanya.
Communication skill
Terampil berkomunikasi secara verbal dan tertulis
Siswa memiliki kemampuan menuliskan ide ide briliannya kedalam proposal , sanggup mempresentasikan dan bernegosiasi untuk keberhasilan idenya.

Semoga bermanfaat. Jika anda berminat menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas  Mutu SDM Pendidik di Sekolah Anda silahkan hub ; 08173064111 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...