Jumat, 27 Mei 2016

MBS Efektif : Design Optimalisasi Hasil Diklat Bagi Pendidik


Kank Hari Santoso,
 Praktisi , Konsultan dan Motivator Peningkatan Mutu Pendidikan Indoesia 
 “ Kami sih tidak iri kalau hanya itu itu saja yang berangkat training dikirim sekolah..!”

“ Percuma kita ikut pelatihan , jika sampai disekolah tida dapat diterapkan..!  

“ Kalau Mas Hari hitung mulai dari tahun ono sampai kini sudah berapa banyak guru yang ikut training hasil nya mutu pendidikan kita ya begini begini saja..!”

Jika saya tuliskan semua keluhan bapak dan ibu guru , persepsi tentang training /pelatihan pendidikan dengan beragam jenis mulai dari seminar , pelatihan workshop dan sejenisnya bisa berlembar lembar.


Walau saya juga agak pesimis bahwa training bisa  efektif untuk peningkatan mutu pendidikan , apalagi jika pihat penyelenggara tidak memiliki need assessment outside in, alias tidak memiliki analisa tentang kebutuhan  pengetahuan , keterampilan dan motivasi peserta.  Saya pikir akan sulit memperbaiki mutu pelayanan pendidikan pasca training jika pelatihan hanya sebatas persepsi penyelanggara apalagi tidak evaluasi hasil dari pelatihan tersebut secara berkala oleh pihak penyelanggara.  

Meskipun demikian saya mencoba memperkecil disparitas itu melalui design optimalisasi hasil diklat, berikut ini :
 MBS  Efektif : Design Optimalisasi Hasil Diklat Bagi Pendidik
Deskripsi
Permasalahan
 Solusi
Evaluasi
Tujuan Ikut Workshop
 Identifikasi kebutuhan /permasalahan yang dihadapi sekolah dalam pelayanan pendidikan.  
Tujuan ikut workshop adalah meningkatkan kapasitas pengetahuan , keterampilan semangat dan spirit mendidik  
Peningkatan kapasitas skill dan kompetensi profesional  pendidik dari sebelum ikit pelatihan
Peserta yang dipilih
Alasan peserta yang dipilih atas topik atau materi yang dipilih.
Buat skala prioritas berdasarkan pemerataan mutu SDM sesuai topik atau materi yang dibutuhkan
Adanya peningkatan dan perkembangan  kreatifitas , inovasi ,kompetensi dan skill berkaitan dengan topik yang telah  dipelajari .
Brainstorming
Alumni peserta training , mereview, memberikan ide saran penerapan sesuai  kondisi sekolah
Alumni peserta training diharapkan menjadi mentor ide dan saran penerapan hasil training dimulai dari skala kecil
Terlaksananya implementasi hasil training sesuai dengan deadline yang telah ditentukan .
Selanjutnya jika anda ingin mengadakan Workshop Peningkatan Kapasitas Kompetensi Mutu SDM  Tenaga  Pendidik silahkan hub 085730641111 dengan Workhsop Leader Kank Hari Santoso


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...