Kank
,bagaimana caranya membangun persepsi masyarakat bahwa sekolah kami adalah
sekolah unggul …? apakah cukup hanya dengan label-slogan pada spanduk ,sekolah
kami sekolah unggulan…?
Kata unggul
pada sekolah itu sendiri sudah mennunjukan ada program kegiatan pembelajaran
yang diunggulkan baik akademik,maupun non akademik. Sekolah unggul dapat
memberikan gambaran konkrit dari kegiatannya (reason for being )yang menjelaskan keberhasilan mencapai prestasi
melalui program sekolah bersangkutan.Aktivitas
kegiatan persekolahan mencerminkan inti sari dari keunggulan yang diunggulkan
dari program sendiri dan sekolah lain.
Guna
menumbuh kembangkan serta membangun persepsi unggul pada sekolah
bersangkutan,dibutuhkan strategi focus pada keunggulan yang dapat secara jelas
mendifinisikan upaya teamwork sekolah dapat mengimplementasikan keungulan yang
dimaksud.Sekolah yang sudah mendeklarasikan keunggulan programnya harus dinamis
dan inovatif mencari cara meningkatkan mutu keunggulan yang di capainya serta
meninggalkan pesaing dari sekolah lain. Prestasi-prestasi yang diraih siswa dan
guru merupakan dasar tumbuh kembang sekolah untuk mencapai keberhasilan
berkelanjutan sekaligus citra unggul di masyarakat.
Tidak cukup
mendeklarasikan diri sebagai sekolah unggulan melalui spanduk saja jika belum ada prestasi yang diraih baik
tingkat regional dan internasional .Karena citra sekolah adalah reputasi
kualitas layanan yang dapat memberikan kontribusi keberhasilan siswa dalam
meningkatkan daya saingnya.Sehingga citra unggul pada sekolah bersangkutan
adalah high trust school yang
merupakan kepercayaan dari siswa,orang tua siswa ,guru dan karyawan serta stake
holder lainnya.
Ciri dari sekolah unggul adalah prestasi dan
kepentingan terbaik siswa sebagai fungsi keberhasilan kegiatan belajar dan
mengajar seluruh team work sekolah. Manajemen strategis sekolah berhasil dapat menciptakan sense of ownership ,participation,knowledge
,knowhow ,self respect and sense of achievement kepada seluruh elemen penyelenggara
sekolah terutama guru dan staff sekolah.
Guna menciptakan sense of ownership ,internal sekolah maka disamping penghayatan
akan visi ,misi dan filosofi pendidikan
diperlukan:
1.
Peningkatan
pengetahuan ,ketarampilan sikap dan sebuah system yang membuat seluruh team
work mendapatkan pembelajaran “budaya unggul “ pada masing masing kinerja
pribadinya.
2. Mendorong setiap guru
memiliki kecepat tanggapan (responsive)
dalam merespon peluang dan kesulitan tercermin dalam perilaku bertindak secara tepat dan cepat
fleksible,responsive ,memberikan perhatian secara individual terhadap
kompetensi keberbakatan siswa,tidak terjebak birokratisasi dan kaku adalam
otoritas serta berorientasi dalam
pelayanan prima pendidikan.
3. Program sekolah
unggul harus berani berpikir dan
bertindak “out of the box” dari
kegiatan belajar dan mengajar pada umumnya. Berani berbeda dalam ragam kegiatan
maupun layanan proses pendidikan,tidak meniru popularitas program unggul
sekolah lain sebaliknya lebih berani menonjolkan keunggullan program sekolah
sendiri dan menjadikan budaya unggul sebagai aktivitas kegiatan pembelajaran
sehari hari.
4. Sikap yang dibutuhkan
untuk menciptakan sekolah unggul adalah generosity dari seluruh elemen
penyelenggara sekolah.Kemurahan hati terhadap siswa agar dapat mengemabangkan
prestasi unggulnya tidak hanya melalui
kinerja layanan pendidikan standar saja ,namun membutuhkan internal
motivation,kewajaran kebijakan dan praktik serta kepedulian untuk terus focus
pada budaya unggul disekolah bersangkutan.
Sekolah
unggul dapat merancang dan berupaya mencapai kesukesan masa depanya dengan
tetap berfokus pada penciptaan nilai unggul (superior values ) bagi kepentingan terbaik dan kemajuan siswa
secara terus menerus ,meningkatkan mutu pelayanan dan prestasi nya
menjadi lebih baik dari saat ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar