Sabtu, 31 Januari 2015

Peran SDM Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pelayanan Prima Pendidikan (dan Kebudayaan) di Jawa Timur .

Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)  sudah semestinya menjadi bagian  dari sistem komunikasi dan pelayanan prima pendidikan yang terpadu. Berkembangnya multimedia dan internet akan semakin memperkuat relasi penentu kebijakan dengan stake holder pendidikan beserta jajarannya. Oleh karena itu  bidang  unit kerja yang berkaitan dengan “komunikasi –massa” semakin menjadi andalan dalam program komunikasi –sosialisasi- edukasi –informasi dan konsultasi  dalam saluran pelayanan yang terpadu (sikronisassi dan integrasi pelayanan). Ada  beberapa alasan mengapa begitu penting pemanfaatan TIK bagi  strategi pelayanan prima pendidikan:
   Video Ragam Pendidikan Jawa Timur; Prod. Dinas Pendidikan Jawa Timur-UPT Tekkomdik 



Pertama : Tuntutan kecepatan, kemudahan dan keterjangkauan  terhadap layanan informasi pendidikan yang semakin tinggi dan terus meningkat dari tahun ke tahun,memerlukan mutu pelayanan informasi pendidikan yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat ,jika perlu melampaui batas harapan masyarakat (delight) dalam mengakses  informasi dan pelayanan pendidikan,harus menjadi target utama dari (departemen) bidang yang menangani “komunikasi –massa” berbasis teknologi. Mengingat luasnya wilayah Jawa TImur termasuk daerah   daerah terpencil .

Kedua: Aksesibilitas  informasi  dan pelayanan  pendidikan harus diselaraskan dengan perkembangan multi media dan TIK itu sendiri,termasuk didukung  dengan komitmen organisasi yang berdedikasi untuk memberikan pelayanan prima pendidikan melalui TIK , ditindaklanjuti dengan  adanya kejelasan struktur organisas- berikut tupoksi dan SOP aparaturnya yang siap mendistribusikan beragam informasi pendidikan dan kebudayaan di Jawa Timur termasuk berbagai informasi dari SKPD bersangkutan. Untuk diperlukan alokasi  SDM,keterampilan dan tanggung jawab dari SDM aparaturnya.

  Mengapa..? Saat ini perangkat  multimedia dan gadget  sudah menyediakan berbagai sistem layanan  yang bisa  menghubungi SKPD bersangkutan menggunakan fasilitas telepon,sms, faksimil,email , chat,situs web interkatif   ,bahkan tidak menutup kemungkinan mereka bisa berkomunikasi menggunakan network seperti BBM,Facebook dsb. Perkembangan ini semestinya menjadi peluang aparatur SKPD untuk meningkatkan mutu layanan menggunakan fasilitas tersebut bagi layanan interaksi pelayanan prima pendidikan di jawa timur secara lebih,mudah,murah ,terjangkau,dapat diakses,cepat dan solutif dalam melakukan “transaksi” informasi serta pelayanan .

Kemudahan akses  ,kecepatan dan keterjangkauan jarak  harus diaplikasikan dalam sistem yang efektif  dibuat lebih sederhana , praktis dan aplikatif yang dapat mengakomodasi beragam pelayanan  sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat  mulai dari sekedar memberikan beragam informasi pendidikan, pengaduan, permintaan ,pendataan dan transaksi .

Tantangan mengelola SDM TIK Pelayanan Prima Pendidikan di Jawa Timur  adalah tentang pengetahuan produk layanan,on the job dengan mentor senior ahli sebagai tandem,keterampilan komunikasi dan sikap mental  positif untuk mendeliver  kepentingan terbaik masyarakat dan stakeholder lainnya.  Tugas leader SDM TIK Pelayanan Prima Pendidikan  harus mampu meng create pengelolaan SDM  yang smart ,mulai dari hard skill, soft skill dan semangat pelayanan  secara konsisten.  Beberapa program pengembangan SDM harus secara kontinyu diadakan guna meng upgrade kompetensi ,seperti pelatihan keterampilan,evaluasi kinerja dan sistem monitoring perangkat.

Semoga dengan hadirnya TIK Pelayanan Prima Pendidikan di Jawa  Timur dapat memberikan pelayanan yang optimal diseluruh wilayah kerjanya tanpa terkecuali, sekaligus menjadi barometer pelayanan prima pendidikan di Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...