Selasa, 23 Desember 2014

Pembiasaan Pemanfaatan TIK untuk Siswa, SDN Benowo 1 Surabaya. (Case Study)

Sebenarnya tidak pernah ada  media  TIK yang benar benar user friendly  untuk kegiatan pembelajaran,menurut saya, yang  ada ,adalah bisa diajarkan dengan cara yang sederhana sesuai dengan perkembangan kognitif peserta didik .karena  jika ingin efektif  dampaknya terhadap kegiatan pembelajaran yang lebih besar tentu sarana TIK dan kesiapan SDM menjadi dasar dari kegiatan pemanfaatan dan pendayagunaan media TIK pembelajaran .  Sebagaimana kegiatan pembelajaran  berbasis TIK yang dilaksanakan di SDN Benowo 1 Surabaya.

Agar  pemanfataan dan pendayagunaan TIK pembelajaran bisa efektif, para pendidik harus menguasai ketrampilan memanfaatkan TIK Pembelajaran disamping ketersediaan sarana dan prasarana. Harus mengerahkan swadaya masyarakat terutama dalam ketersediaan sarana,kalau memilih pembelajaran berbasis internet maka ketersediaan  akases menjadi jaminan kegiatan pembelajaran berjalan secara optimal.  Cara lain dalam pemanfaatan TIK  adalah memanfaatkan aneka fitur presentasi seperti power point dan flash sebagai aktivitas siswa  ber TIK.



Para pendidik harus benar benar dapat memanfaatkan suasana hati siswa dalam menggunakan komputer dengan membantu siswa dalam mengimplementasikan ide /imajinasinya dalam kegiatan pembelajaran yang berbasis TIK. Para pendidik harus memiliki kesabaran untuk men deliver sebuah konsep /teori pembelajaran menjadi lebih sederhana ,feasible dan bisa dipraktekan secara mudah ,murah dan menyenangkan.   Kedepan model pembelajaran yang menyenangkan dan membahagiakan peserta didik dengan memanfaatkan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran akan menjadi trend pembelajaran abad 21.

Dalam praktiknya pemanfaatan dan pendayagunaan TIK sebagai media dan sumber sering terkendala oleh aspek perangkat komputer dan jaringan koneksi internet oleh karena itu  keterlibatan peran komite sekolah dan orang tua walimurid  amat membantu kelancaran kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu harmonisasi hubungan sekolah dengan ortua siswa dan stakeholder lainnya menjadi kunci sukses keberhasilan pembelajaran.

Kekuatan ide dan semangat  para pendidik untuk terus  meningkatkan mutu pembelajran  menjadi sesuatu yang penting di sekolah ini sebagaimana disampaiakan para guru mapel dan guru pembina ketrempilan TIK pembelajaran , kami akan terus memotivasi siswa dengan terus memberikan kesempatan praktek seoptimal mungkin dalam memanfaatkan komputer dalam berTIK  pembelajaran.  Sehingga setiap siswa memiliki rasa percaya diri dan meningkat  kreativitasnya.

Hasil nyata dari kegiatan ini hampir semua siswa  memiliki keterampilan dalam memanfaatkan aplikasi media presentasi pembelajaran sesuai dengan jenjang kelas masing masing. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...