Sabtu, 28 Juni 2014

Kiat Membangkitkan Keteladanan Guru Kepada Siswa,Case Study :SMPN 1 Pacitan (bervideo)

“Dalam diri seorang nabi terdapat uswatun hasanah,teladan yang baik, demikian pula semestinya dalam setiap diri guru karena guru adalah “pewaris“ para nabi dalam memperbaiki kualitas sumber daya manusia" . Kank Hari Santoso, Konsultan SDM Unggul Indonesia.

Selain   keberanian menghadapi perubahan,seorang yang memiliki jiwa  pemimpin  harus bisa punya mimpi /gambaran besar tentang masa depan yang ingin diraihnya.  Seorang pemimpin selalu  berupaya untuk siap dalam menghadapi perubahan kondisi yang dihadapi dan  memiliki semangat untuk meraih harapan atau cita citanya.
Demikian juga membangkitkan jiwa kepimipinan dalam diri  siswa , dimulai dari keberanian siswa melepaskan diri dari “zona nyamannya” situasi kehidupan dirumah menjadi disiplin tinggi dalam kegiatan belajar disamping terus melakukan penguatan terhadap cita citanya agar perubahan itu tidak menjadi beban dalam kehidupan belajarnya, seperti  program pembelajaran di  SMPN 1 Pacitan  yang saya “kunjungi”.


 Sekolah yang banyak meraih berbagai prestasi akademik maupun non akademik ini  juga merupakan sekolah dimana  Bapak Susilo Bambang Yudoyono Presiden RI pernah bersekolah disekolah ini. Nuansa kedispilnan  sangat kental dalam kegiatan pembelajaran disekolah itu ,mulai dari tenaga pendidik sebagai teladan sampai dengan peserta didik itu sendiri.
 Kepala SMPN 1 Pacitan Bapak  Supriyono,SPd.MPd memaparkan bagaimana kiatnya dalam membangun budaya disiplin dan kepemimpinan dimulai dari tenaga pendidik ,kunci keberhasilan membangun karakter disiplin dan kepemimpinan sebagai berikut:
Tepat waktu
Menghormati hukum,taat azas
Belajar mencintai pekerjaan
Belajar tanggung jawab
Belajar bekerja keras
Bersifat jujur
Belajar menghargai hak hak orang lain  akan terbangun sikap mental positip
Cerdas emosional melalui budipekerti sebagai pilar keteladanan 

Lebih jelasnya saksikan tayangan berikut ini ;

acara selengkapnya ditayangkan di TVRI Jatim  ch 26 UHF  hari Rabu Pukul 15.30,produksi UPT Tekkomdik Jatim 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...