Kamis, 12 September 2013

TIK Bagi Siswa ,Saatnya Belajar Lebih Menarik, Interaktif ,Kapan Dan Dimana Saja..

Hari Santoso,Pakar MSDM & Konsultan Pendidikan ,Insight Management .

“Teacher’s creativity in identifying and determining kinds of media facilitates  appropriate to meet  their   student  needs is required to enable him /her to motivate them to be free from their parents or nurses”. Teaching young children at school and home,Margoline.

Anak dan rasa ingin tahunya merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan . melalui rasa ingin tahu ,orang tua maupun  tenaga pendidik mendapatkan gambaran  tentang perkembangan psikososial dan kompetensi peserta didik ,akademik dan non akademik. Sebagai upaya agar anak mendapatkan akomodasi dari rasa ingin tahu dan kebutuhan belajarnya,perlu adanya pengembangan media pembelajaran .Mengingat proses pembelajaran akan terjadi jika ada  stimulus dan respond  .Pentingnya pengembangan media pembelajaran yang mengikuti perkembangan zaman akan lebih mudah diterima anak ,lantaran anak menyukai dan dekat dengan penggunaannya dalam sehari hari ,ambil contoh penggunaan peralatan TIK  seperti  Televisi HP,PC ,Lap top dsb.



“Multimedia ,it refers particularly to a commbination of various media presented on the computer”.Teaching and learning with technology ,Tan Seng Chee & Angela Fl Wong   .Komputer dan televisi adalah merupakan media yang “dekat “ dan disukai  oleh  anak anak selaku peserta didik,oleh karena itu pemanfaatannya harus dapat memberikan kesempatan belajar ,mempermudah pemahaman ,dimana secara audio visual anak dapat terstimulasi .Sehingga menjadikan proses pembelajaran lebih menarik ,lebih interaktif ,effesiensi waktu belajar ,meningkatkan motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dan  bisa dilakukan kapan serta dimana saja ,tanpa harus tersekat oleh ruang waktu dalam kelas.

Bagaimanakah caranya memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran :

1.       Sampaikan  informasi topik dan tujuan pembelajaran yang diharapkan siswa.
2.       Berikan appersepsi perihal topik  yang akan disajikan dengan kehidupan sehari hari ,contoh relevan atau topic yang sudah dibicarakan.
3.       Jelaskan materi materi  pelajaran secara sistematis dengan memanfaatkan media audio visual yang telah disediakan.
4.       Berikan kesempatan kepada siswa untuk menyaksikan tayangan video /animasi yang telah disajikan.
5.       Berikan pertanyaan kepada siswa atau komentar atas tayangan yang disajikan.
6.       Usahakanlah guru dapat menjawab atau pertanyaan pertanyaan  yang diajukan siswa.
7.       Usahakanlah siswa terlibat aktif dalam proses pembelajarannya.
8.       Ciptakan suasana tenang  ,tidak ribut dan siswa memperhatikan materi yang diajarkan.

Tahap berikutnya ;

1.        Berikan informasi tugas –tugas  dan latihan latihan yang harus dikerjakan siswa .
2.   Berikan tambahan penjelasan dan tambahan wawasan serta nilai-nilai  perilaku (value system ) yang  diharapkan.
3.       Berikan informasi tentang pertemuan dan tugas yang harus dilakukan  siswa pada pertemuan selanjutnya .
4.       Koreksilah tugas tugas dan latihan yang telah dikerjakan siswa sekaligus informasikan kepada siswa sebagai umpan balik atas tugas yang dikerjakannya.


Pada akhirnya peran TIK bagi guru adalah mengintegrasikan model pembelajaran yang lebih menarik  interaktif ,kapan dan dimana saja . Peran guru menjadi fasilitator ,kolaborator ,mentor ,coach ,pengarah dan teman belajar sekaligus dapat memberikan pilihan dan tanggung jawab besar atas pengalaman belajarnya secara menyenangkan  



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar