Selasa, 05 November 2013

Kunci Utama Membangun Tim Yang Solid Pada Menejemen Sekolah ,Kurikulum 2013

"Kank, Pada tata kelola Kurikulum 2013 penguatan manajeman sekolah melalui penguatan kemampuan manajemen kepala sekolah sebagai pimpinan kependidikan (educational leader) ,bukankah dibutuhkan tim yang solid lantas bagaimana caranya..mengingat sulit mengajak guru pada perubahan..?"


Keberhasilan sebuah tim dalam menejemen  adalah upaya keras yang dilakukan seluruh anggota tim untuk membangun pelayanan optimal dengan motivasi yang tinggi,berhasilnya sebuah tim   tidak terlepas dari people dan leadernya,terutama jajaran tenaga pendidik;”dengan tim  yang kuat dan solid  akan memiliki peluang besar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada siswa sekaligus memiliki daya saing” kalimat biasa saya sampaikan pada training insight management pada instansi atau dunia industry .
Guna membangun tim yang solid inilah beberapa para meter yang harus dikembangkan :
·        Bangunlah tim yang loyal pada visi misi sekolah  dengan terus memberikan support kepada guru untuk menjalankannya melalui pembiasan pembiasaan  dan komunikasi secara intens.Misalnya “Jangan ada kemarahan pada saat menjalankan tugas…!” maka setiap guru berkewajiban untuk mengingatkan temannya untuk tidak mudah marah saat bertugas .Karena misi sekolah anda adalah menciptakan sekolah ramah anak.
·        Mereka harus faham tentang value system dari visi -misi sekolah.Sekolah ramah anak harus dicitptkan memlaui uapaya membuat anak betah disekolah baik dalam kegiatan maupun suasana hati penyelenggaranya.Karena itu semua guru harus mendukungnya.
·        Mereka harus memiliki keterikatan emosional dalam menangani para peserta didik. Artinya setiap guru harus memiliki perasaan kasih sayang menganggap siswa sperti anak sendiri dan mendidik nya dengan tulus.
·        Secara periodik ada upaya untuk evaluasi persepsi siswa terhadap guru dan pelayanan pendidikan .Sehingga setiap guru dapat mengevaluasi sendiri (self assessment ) perilakunya saat menjalankan tugas sebagai pendidik .
·        Ciptakan suasana kerja yang mendukung dan mengakomodasi kreatifitas dan daya inovasi tenaga pendidik guna kepentingan terbaik siswa.
·        Tumbuhkan kepekaan  untuk to be sensitif the reality  dengan lebi responsive dan adaptif terhadap segala bentuk perubahan yang terjadi kepada peserta didik ,kurikulum atau teknologi.
·         Sebagai kepala sekolah anda harus memiliki kemampuan persuasive skill  ,mentoring ,coaching dan motivating  untuk membantu guru dapat meujudkan komitmen yang harus dijalankan.
Seiiring dengan perubahan zaman maka konsep pengembangan menejemen sekolah pun bertambah kompleks ,hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi para kepala sekolah ,terutama memililih strategi yang tepat untuk membangun sekolah yang berhasil .”Segeralah tentukan parameter nya dan sekolah anda memiliki daya siang yang handal ! “.
       



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...