Minggu, 28 Juli 2013

Bilik Konsultasi Manajemen Sekolah Kurikulum 2013 :Meningkatkan Kerja Sama Tim Bagi Guru

Kesulitan kami adalah membangun kerjasama antar guru dalam melaksanakan  amanat kurikulum 2013 mereka merasa paling jago dengan  keilmuannya masing masing   ,padahal amanat kurikulum 2013 : tata kerja guru yang bersifat individual diubah menjadi tata kerja yang bersifat kolaboratif.Adakah kiat sederhana yang bisa kami lakukan ….?

Pengakuan atas kontribusi  lebih kuat sebagai perangsang motivasi dan komitmen daripada sekedar “upah”,ajaklah beberapa guru yang “mendukung ‘percepatan keberhasilan pelaksanaan kurikulum untuk merancang kemungkinan kesuksesan pelaksanaan perubahan  kurikulum sebagai suatu penghargaan yang bagus bagi kepentingan sekolah notabene kepentingan guru juga sekaligus kepentingan terbaik siswa .
Petakan potensi setiap pendidik  dan manfaatkan potensi yang dimiliki untuk mengembangkan minat yang lebih tinggi atas kinerja pelayanan optimal pembelajaran disekolah dan berdampak besar pada citra sekolah dimata stake holder.
Selanjutnya berikan kemudahan bagi setiap tenaga pendidik untuk memberikan kontribusi karya dan ide atas  strategi efektif pelaksanaan perubahan kurikulum ,hargai setiap kontribusi darimana pun datngnya sekaligus ajak yang bersangkutan segera mewujudkan dalam langkah tindakan .Bagunlah tim kerja yang solid melalui ide ide yang telah dimplementasikan dalam rencana tindakan tadi.

“pada dasarnya setiap individu memiliki potensi kearah kebaikan selama mereka melihat keungkinan itu dapat diwujudkan.Tugas anda adalah mmebantu mereka menemukan arti penting dari keinginannya itu”. Kank Hari  Santoso ,Motivator Pendidikan Karakter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...