Sabtu, 01 Juni 2013

Soft Skill :Membekali Siswa SMA/SMK “Etika” Profesional.

Siswa SMA/SMK sudah saatnya mempersiapkan diri untuk menjadi “professional” sekalipun usia remaja atau lulusan sekitar 16-18 tahun masih  mengarah pada akhir proses pencarian identitas diri. Dari beberapa siswa yang penulis temui  mereka sudah memiliki gambaran tentang masa depan lengkap dengan target pencapaiannya. 


Oleh karena itu sebagai guru wira usaha,guru BK atau kepala sekolanya ,sudah saatnya menyisihkan  waktu untuk membekali mereka dengan berdialog,berdiskusi serta memberikan bimbingan tentang arti kepribadian professional  nya:

 

·         “Seorang professional adalah seseorang yang dapat memperlakukan orang lain sebagaimana mestinya”.Artinya;siswa perlu diajarkan perilaku sesuai tatakrama seperti   menghormati yang lebih tua dan bersifat kasih kepada yang lebih muda.Mengingat dunia usaha atau perkantoran menuntut professional untuk memiliki interpersonal skill ,karena itu  menjaga dan membiasakan perilaku menjaga hubungan baik   dengan orang lain  sesuai tuntutan profesi  harus menjadi kebiasan sehari hari sebelum lulus.

 

·         “ Penampilan mencerminkan kepribadian “. Penampilan disini termasuk gaya berbusana,banyak siswa SMA yang meremehkan arti berbusana ini,sementara banyak pengusaha mengeluh para pencari kerja fresh graduate yang datang melamar tidak memperhatikan penampilan termasuk gaya berbusana.Ajarkan siswa untuk berbusana rapi sopan dan formal sesuai situasi dan kondisi.


·         “Isi pembicaraan menentukan kualitas mutu kepribadian seseorang “.Bimbinglah siswa untuk mengatakan sesuatu yang diyakininya dan tidak berbicara  dalam keraguan,pernyataan yang mengambang dan susah dimengerti hanya mengurangi kefektifan komunikasi.Bimbinglah siswa untuk berbicara secara menyakinkan ,logis dan rasional sehingga dapat menarik perhatian orang lain.


·         “cara berbicara sama pentingnya dengan isi pembicaraan” . Bangkitkan rasa percaya diri siswa  untuk  berbicara lancar  jelas  bisa dimengerti ,tegas ,jelas lembut dan tidak tergagap gagap. Mengingat cara berbicara merupakan representasi  dari kepribadian sesorang ,karena orang lain menilai  apa yang dibicarakan dan cara membicarakannya.


 

Pengetahuan dan ketrampilan ini penting diperkenalkan kepada siswa menjelang menuju dewasa awal karena pada akhirnya mereka akan kembali kepada masayarakat baik sebagai wirausaha ,pegawai  atau mahasiswa.

 

 

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...