Sabtu, 04 Mei 2013

Learning Management System (LMS) ,Kelas Maya Soal Pelayanan Bukan Hanya Teknis!.



Beragam model pembelajaran jarak jauh belakangan mulai berkembang dari e’university sampai pendidikan jarak jauh atau e’learning untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah .Ada yang patut dipertimbangkan penyelenggaraan  pendidikan jarak jauh  dari sekedar kendala persoalan teknis ,dikarenakan persoalan teknis adalah kendala persoalan pengadaan teknologi dan fasilitas yang berbentuk   fisik  sehingga dapat diatasi dengan ketersediaan sarana dan sarana plus beaya. Lebih utama adalah persoalan mindset dan sense of service dikalangan SDM penyelenggara dan pengguna. Mengingat tidak mudah  mengubah mindset dan perilaku dikarenakan sudah terbangun kultur enggan berubah dan memilih zona aman dan  tidak ingin belajar sesuatu yang baru walaupun itu memudahkan.

Setiap SDM penyelenggara / penyedia layanan pembelajaran jarak jauh pada kelas maya harus peka terhadap kebutuhan peserta didik yang merupakan target utama (penetration target),serta pengguna umum yang berminat berkunjung ke situs bersangkutan. Dituntut untuk lebih inovatif ,proaktif dan cepat tanggap dalam memberikan solusi yang optimal mengutamakan kepentingan terbaik  dan kepuasan peserta didik “On-line”  melebihi  harapan siswa .Hal ini penting mengingat  siswa dituntut mandiri dan memiliki minat dan motivasi tinggi dalam kegiatan pembelajarannya,terutama siswa tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.

Sudah tentu banyaknya fitur layanan di situs pembelajaran bersangkutan memerlukan koordinasi dari berbagai pihak,jika perlu dibentuk student care team (SCT) untuk bertanggung jawab  memusatkan pengelolaan layanan pendidikan dan memberikan jaminan kepastian layanan tersebut dapat terlaksana sebagaimana mestinya. Disamping itu SCT harus juga memastikan bahwa peserta didik mendapatkan informasi dan berinteraksi secara akurat serta kesulitan belajarnya terselesaikan,sekaligus mengevaluasi program yang telah terlaksana.
Membuat peserta didik dan pengunjung situs  excited “ semestinya menjadi tujuan  strategi pelayanan kelas maya ,sehingga mereka tidak hanya puas tapi juga senang selama proses pembelajaran. Pihak penyelenggara kelas maya  harus dapat menjaga ‘moment of truth”yakni saat peserta didik atau pengguna umum Web  tidak mendapatkan kendala atau kesulitan   dn tidak terpenuhi kebutuhan serta harapannya.Sehingga  membuatnya malas menggunakan atribut layanan atau bahkan enggan kembali menggunakan situs bersangkutan. Student  learning expeience ,pengalaman   pembelajaran siswa dalam menggunakan fitur layanan kelas maya  harus dapat ter manage secara berkesinambungan oleh seluruh SDM penyelenggara.
Inilah beberapa sikap mental yang patut dikembangkan oleh penyelenggara kelas maya atau yang bisa disebut virtual class ;
1.       Memiliki kesadaran untuk meng update informasi dan data layanan pada fitur yang telah disediakan agar peserta didik dan pengunjung mendapatkan tidak ketinggalan informasi.
2.       Meningkatkan cross chek  di semua lini mulai dari kelengkapan materi,masalah teknis sampai sudah ter delivery  nya di Web bersangkutan .
3.       Memberikan kemudahan pengguna situs  untuk mengkses atau mendapatkan informasi serta mengunduh file yang dibutuhkan.
4.       Memudahkan pengunjung mendapatkan informasi ,syarat layanan yang diberikan oleh penyelenggaraan  kelas maya.
5.       Meningkatkan kecepatan merespon setiap kelurahan atau pertanyaan yang diajukan pengguna kelas maya. Memberikan feedback kepada SDM untuk memastikan prses layanan berjalan sebagaimana mestinya.  
6.       Memberikan citra positif  dengan kesan lebih mudah ,solutif dan personal  kepada pengguna siitus kelas maya.
7.       Memastikan informasi dan penjelasan jika terjadi perbaikan  terhadap layanan situs bersangkutan agar pengguna tidak kecewa dan beranggapan bahwa pelayanan sudah berakhir. Oleh karena itu database identitas pengunjung semestinya menjadi bagian yang tak boleh terlupakan untuk memudahkan dalam memberikan informasi.
8.       Menangani  komplain secara cepat dan tepat ,merebut kembali pengguna yang sudah kecewa  serta meningkatkan kemampuan teknis dan pelayanan semestinya  menjadi passion para SDM.
Pada intinya setiap pengguna internet khususnya dalam pembelajaran dengan kelas maya menginginkan kemudahan akses,akurasi dan kecepatan layanan. Bagaimana dengan anda..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...