Sabtu, 19 Januari 2013

Inovasi Sekolah Unggul Bekal Life Skill Siswa (Competitive Advantage )



Salah satu alasan mengapa seorang anak  bersekolah adalah menempuh pendidikan guna  peningkatan mutu hidup dimasa depan karena itulah sekolah semestinya dapat memenuhi harapan tersebut. Persoalan  kelengkapan sarana dan prasarana  bisa jadi memang tidak terlalu  bisa diupayakan secepatnya  ,namun pengembangan sumber daya manusia pengelola sekolah   semestinya masih bisa ditingkatkan :

1.       Mutu Guru

Seorang guru semestinya sesuai persyaratan  kualifikasi akademik  yang ditentukan  dengan demikian dapat menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang study  sehingga memahami materi ajar yang ada  dalam kurikulum yang ada dan menerapkan konsep keilmuan dalam kehidupan sehari hari.. Jika perlu dalam proses rekrutmen guru dilakukan  test  kepribadian (mendidik ,mengasuh,membina) ,test akademik ,kesehatan ,psikologi dan wawasan serta kemampuan mengajar. Selanjutnya guna peningkatan kompetensi profesional guru bersangkutan perlu diikutkan dalam kegiatan diklat sesuai kebutuhan mengajarnya.



2.       Pengalaman Belajar Siswa Membangun Kompetensi dan Daya Saing

Guna menentukan tingkat ketuntasan belajar (master level ) secara berkesinambungan  ,seorang guru harus dapat mengembangkan potensi  siswa untuk   aktualisasi menjadi prestasi  maka diperlukan pengalaman belajar siswa yang dapat membuat life skill siswa tercapai. Aktivitas yang dapat dikembangkan misalnya ; penelitian,kepedulian sosial dan kecintaan pada alam dan lingkungan. Termasuk  pengembangan keberbakatan siswa melalui olah raga dan seni sesuai dengan jenis yang diminati siswa. Sehingga siswa memiliki pengalaman nyata sebagai bekal seumur hidupnya.

Pihak sekolah dapat memberikan dispensasi kepada siswa yang mengikuti latihan atau kompetisi sebagai duta sekolah yang berprestasi.

3.        Prestasi Akademik Bersama Guru Sebagai Fasilitator

Seorang guru semestinya memahami landasan kependidikan ,menerapkan teori pembelajaran ,menentukan strategi  pembelajaran berdasarkan karakter individu siswa  serta menyusun rancangan berdasarkan strategi yang di pilih. Guru dapat menyelenggarakan metode pembelajaran inovatif seperti proses penilaian berbasis kelas melalui ulangan harian,tugas tugas terstruktur ,UTS /UAS   ,remediasi dan pengayaan diterapkan secara teratur .Ketulusan guru dituntut dalam memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar /kemampuannya  kurang guna bisa menyesuaikan dengan tuntutan akademik dari standar yang sudah ditetapkan.

Dalam hal peningkatan kompetensi untuk menghindari kejenuhan sekolah dapat melaksanakan kegiatan moving class.Moving class  yang dimaksud  guru memiliki ruang sendiri sesuai mata pelajaran,siswa mendatangi kelas .



4.       Pembentukan Karakter Siswa

Kepribadian yang mantap dan stabil dari seorang guru dapat  menjadi teladan siswa dikarenakan guru bersangkutan menjunjung tinggi tata tertib / aturan sekolah melaksanakannya secara konsisten  memiliki etos kerja profesional dan memiliki keterbukaan   berpikir serta bertindak sehingga siswa mudah diarahkan untuk menjalankan kedispilinan. Ambil   contoh ,Para guru piket dan kepala sekolah  berada dihalaman sekolah satu jam menjelang jam masuk sekolah untuk menyalami siswa sekaligus memperingatkan siswa agar tidak terlambat. Disamping acara pembentukan karakter  siswa yang sudah dijadwalkan dalam bentuk peningkatan pengetahuan dan pembiasaan


5.       Study Banding  dengan Sekolah Lain  Dan Mendatangkan Praktisi

Guna menambah wawasan ,pengetahuan  pengalaman belajar  dan semangat berprestasi   bagi siswa dan guru sekolah perlu merancang secara periodik menyelenggarakan dan kerja sama  dengan sekolah lain yang memiliki keunikan dan keunggulan  guna kepentingan study banding . Dalam study banding ini siswa /guru dapat bertukar pengalaman /pengetahuan /etos kerja (belajar )  dan membandingkan dengan sekolahnya sendiri termasuk menjajaki kemungkinan beberapa program unggul  bisa diterapkan disekolahnya. Mendatangkan praktisi guna membangun wawasan siswa tentang dunia profesi guna praktek nyata juga bisa meningkatkan life skill nya.


Setiap sekolah pada dasarnya memiliki  keunggulannya sendiri karena memiliki keunikannya masing masing tinggal bagaimana  niat pengelolaan nya...Adakah anda sependapat dengan saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...