Jumat, 09 Desember 2011

Penghambat Kreatifitas Siswa dan Solusinya dalam KBM


Pak Hari,apa yang menyebabkan guru dan siswa menjadi tidak kreatif pada kegiatan pembelajaran…?


Secara sederhana ,Daya cipta atau kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau anggapan (concept) baru, atau hubungan baru antara gagasan dan anggapan yang sudah ada.Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran berdayacipta (creative thinking) (kadang disebut pemikiran bercabang) biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari daya cipta adalah tindakan membuat sesuatu yang baru. Wiki Pedia.

Pola pikir seseorang akan menentukan bagaimana orang itu berperilaku :

1. Guru yang merasa tidak bisa kreatif tidak pernah bisa membuat siswanya kreatif ,karena itu guru harus yakin bahwa kreatifitas itu bukan "given" tapi sebuah upaya kreatif.memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar adalah salah satu kreatifitas guru.

2. Guru merasa bukan wilayah keimuaannya,padahal ilmu pengetahuan itu luas dan bisa saling berkaitan . Maka guru harus banyak membaca,menambah informasi agar wawasan pengetahuannya luas . guru kreatif akan membuat siswa berkembang imajinasinya.

3. Guru melarang siswa melakukan kesalahan. Padahal dalam belajar kesalahan adalah jical bakal perbaikan dan penyempurnaan sebuah pengalaman belajar. Guru harus mengajak siswa belajar dari kesalahan dan menemukan solusi menyelesaikan masalah.

4. Guru mengatakan dan menganggap siswanya bodoh. Justru lantaran siswa merasa bodoh guru semestinya dapat membangkitkan semangat belajarnya. Jika guru merasa pintar guru enggan belajar.

5. Terpaku pada konsep atau teori yang tercantum di buku paket,padahal pengetahuan terus tumbuh dan berkembang. Guru semestinya membimbing siswa untuk mengembangkan pengetahuan siswa dari berbagai sumber.

6. Guru berprinsip hanya ada satu jawaban yang benar sebagaimana terdapat dalam kunci jawaban soal. Mungkin pendapat ini tidak salah namun bisa saja salah kuncinya,bisa juga jawabanya itu sudah " kadaluwarsa" atau bisa saja siswa punya alasan tertentu mengapa menjawab berbeda dengan kunci. Keberanian guru mendengarkan dan mengeksplorasi jawaban siswa adalah langkah bijak

Dalam mengembangkan kreatifitas semua bisa LOGIS selama guru dan siswa dapat membuktikan impian dan imajinasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...