Sabtu, 15 Agustus 2015

Manajemen Humas Sekolah: Ekstrakurikuler Sebagai Strategi Kompetitif.



Kita pasti menang , kita pasti menang,...!!”. Sorak sorai para suporter basket yang sekolahnya sedang berlaga di DBL.Nampak para pemain asyik mendribel bola dan berusaha meraih poin sebanyak banyaknya, itulah cermin ekskur bola basket yang amat digemari para siswa SMA sekaligus sebagai kebanggaan karena dapat bermain pada laga yang bergengsi.  

Banyak sekolah yang hanya terfokus pada capaian nilai akademik saja terutama hasil ujian nasional, padahal ektrakurikuler dapat menjadi sumber inspirasi, motivasi dan  prestasi bagi peserta didik sekaligus dapat menciptakan” Brand-Image” pada penyelenggaraan pendidikan disekolah bersangkutan. 

Oleh karena itu sekolah tidak boleh hanya terpaku pada peningkatan capaian NEM  tertinggi saja apalagi jika input sekolah tidak memungkinkan untuk berfokus pada prestasi akademik, maka prestasi keberbakatan bisa merupakan kunci keberhasilan memberikan pelayanan prima pendidikan untuk kepentingan terbaik peserta didik. Inilah beberapa kita agar sekolah memiliki Brand Image tentang mutu pelayanan pendidikan:

1.      Ekstra Kurikuler  sebagai Strategi Branding , melalui pengembangan bakat dan minat peserta didik. Ekskur dapat mewadai kompetensi siswa secara individual sekaligus dapat menciptakan identitas sekolah dalam pengembangan prestasi non akademik. Sekolah dikenal karena KIR nya , dikenal karena Basketnya , Futsal nya dsb.
2.      Ekstra Kurikuler memainkan peranan yang sangat vital untuk menjelaskan arah visi dan misi sekolah yang dikomunikasikan melalui capaian prestasi siswa diberbagai cabang keberbakatan. Misalnya  SMAN 1 Dampit Malang dengan  positioning sebagai Sekolah Adiwiyata  dan  juara dibidang Perpustakaan  Nasional dengan tampilan sarana  prasarana dan pelayanan pendidikan  serta desain kurikulumnya yang berbasis lingkungan hidup yang dapat mengantarkan para siswa nya meraih berbagai prestasi akademik dan non akademik.
3.      Ekstra Kurikuler merupakan strategi kompetitif. Melalui minat dan keberbakatan siswa, siswa dapat mencapai prestasi puncaknya dikarenakan siswa  mengembangkan bakat yang dimiliki secara bersungguh sungguh sehingga daya juang dan dasa saingnya dapat tumbuh secara optimal. Dengan demikian sekolah memiliki competitive advantage melalui prestasi keberbakatan siswa yang diwadahi dalam ektra kulikuler.
4.      Ektra Kulikuler dapat meningkatkan daya saing internasional. Melalui Ekskur Kebumian SMAN 3 Malang  meraih Olimpiade Kebumian Internasional di Brasil melalui  layanan the three fundamentals yakni, Berproses, Beristiqomah dan Berserah.Dengan fokus pada potensi keberbakatan peserta didik sekolah dapat bersaing pada kancah internasional

Akhirnya dalam membangun brand sekolah setiap detil aktivitas layanan pendidikan termasuk pengambangan ekskur bisa menjadai sarana meningktakan pencitraan publik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...