Sabtu, 12 Juli 2014

MBS: Teknik Membangun Identitas Karakter Sekolah (Kehumasan Sekolah )

Di era persaingan dalam dunia pendidikan membentuk karekter sekolah yang unik dan dipersepsi bermutu merupakan keniscayaan sekolah untuk mempertahankan eksistensinya,mengingat pertumbuhan sekolah dengan berbagai mutu layanan makin meningkatkan iklim persaingan. Jika sekolah tidak memiliki identitas karakter yang jelas pada proses dan mutu lulusannya,bisa bisa ditinggalkan masyarakat.
Identitas karakter sekolah tidak ubahnya adalah Brand Identity yang oleh David Aaker  dalam bukunya The Building Strong Brands sebagai   asosiai merek mempresentasikan untuk apa merek dibangun dan menyiratkan sebuah janji perusahaan kepada pelanggan . Dalam Manajemen Berbasis Sekolah,Brand Identity  bisa dimaknai bahwa proses kegiatan pembelajaran disekolah bersangkutan dapat mencerminkan visi dan misi sekolah yang dijanjikan kepada pelanggan.



Oleh karena itu guna membangun kejelasan identitas Karakter Sekolah Patut  mempersiapkan “pengembangan kurikulum  sebagai konten pembelajaran,kegiatan pembiasaan atau ekstrakurikulersebagai konteks pembelajaran dan sarana /prasarana pendukungnya.

Ambil Contoh Pada SMPN 1 Pacitan yang meletakan Dasar kepemimpinan Sebagai Identitas Karakter Sekolahnya.  

1.       Konten Pembelajarannya: menggunakan kurikulum Nasional dengan mempersipakan siswa untuk memiliki prestasi akademik yang optimal melalui pembelajaran dengan berbagai konsep dan model pembelajaran sebagai pengembangan kurikulum.
2.       Konteks: berbagai kegiatan pembiasaan dan pendidikan karakter (kepemimpinan) merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti siswa guna membentuk lifeskill dan daya saing di masa depan. Bukti dari kegiatan ini dapat menghasilkan kepemimpinan adalah Presiden RI ke 6 Bapak Susilo Bambang Yudhoyono  merupakan alumni sekolah  ini.
3.       Sarana dan Prasarana ; berbagai fasilitas dipersiapkan untuk mendukung program program pengembangan karakter disekolah ini

Sebagaimana wawancara saya dengan bapak  Suyono , Kepala Sekolah SMPN 1 Pacitan dalam membangun identitas sekolah melalui  focus pada keteladanan para pendidiknya ,konsisten dalam 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...