Sabtu, 20 Juli 2013

Seri Humas Sekolah :Menjadi Sekolah Mahal Diburu ,Bagaimana Strateginya…?

Pada dasa warsa  terakhir  masyarakat  makin menyadari pentingnya pendidikan anak sebagai investasi masa depan, tentu   tidak ragu bahkan mempersiapkan  pendanaan untuk membiayai mutu  pendidikan anak nya.Demikian pula sekolah sekolah yang sudah memposisikan programnya sebagai sekolah yang bermutu   terus berinovasi meningkatkan mutu pelayanan pendidikan,mutu output dan mutu out comenya.

Menjadi sekolah yang digemari masyarakat sekaligus “ survive”  di era persaingan yang ketat ini memang harus mengelola “konsumen”.proses pelayanan dan citra diri sekolahnya secara berkesinambungan.Adapun key success are yang dilakukan sekolah sekolah bermutu itu adalah :


Pertama, Falsafah Penyelenggaraan Pendidikan ,Visi dan Misi sekolah memiliki prinsip yang dianggap benar dalam menjalankan  mutu pelayanan prima pendidikan ,mengetahui keinginan masyarakat dan    sarana  serta prasarana disekolah mencerminkan perilaku dari image sekolah.

Kedua,Perilaku tenaga pendidik dan Tenaga Kependidikan,mencerminkan tindakan dari visi misi sekolah bertindak sangat professional  dalam hubungan dengan stakeholder,misalnya dalam penyelenggraan pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi  dan meningkatan mutu perilaku serta  akhlak siswa  secara signifikan  sehingga manfaatnya dirasakan  secara langsung oleh orang /wali murid.

Ketiga,Perolehan Prestasi dalam berbagai Kompetisi ,merupakan representasi secara tertulis yang melambangkan dan mencitrakan arti   perjuangan sekolah secara sungguh sungguh dalam  mengembangkan potensi akademik dan potensi keberbakatan siswa (multiple intelligence)  secara optimal.

Keempat : Style Profesional merupakan  kualitas “ khas” yang dimiliki sekolah bermutu. Style ini terwujud dalam kemudahan mengakses,kepuasaan pelanggan terhadap mutu layanan ,dan menjadi media anak  lebih berkarakter ,mandiri,percaya diri ,cerdas ,kompetitif  dan lebih bersemangat dalam belajar .

Kelima :Peran Humas sekolah senantiasa dapat mengkomunikasikan “Brand –sekolah” dikemas dalam berbagai media event yang dapat memperkuat “perceive quality” dibenak msayarakat.

Konsistensi sekolah dalam menjalankan kelima point tersebut dapat meningkatkan daya saing  dan memperoleh perhatian masyarakat,konsumen nice market,melalui perbaikan mutu secara terus menerus dan upaya sungguh sungguh membela kepentingan terbaik siswa,bagaimana pendapat anda.?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Humas Pendidikan: 4 Ciri SDM Sekolah Tidak Berdaya Saing (2)

"Kank, Inovasi adalah kata kunci daya saing termasuk dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Lantas SDM seperti apa yang   t...