Solusi Kurikulum 2013 :Guru TIK Mencetak Sekolah Berkelas Dunia (World Class),Mengapa Tidak..!


Dalam  draft uji publik kurikulum 2013 bahwa Mata Pelajaran TIK harus melebur menjadi Media
Pembelajaran berbasis TIK tentu akan menimbulkan persoalan tersendiri bagi guru TIK yakni kehilangan tugas mengajar…!Namun tidaklah demikian jika dalam rangka ,peningkatkan mutu pendidikan guru TIK dapat berfungsi sebagai tenaga pengembangan teknologi pendidikan pada satuan tingkat pendidikan.Mengapa..?







*       TIK juga dapat mendukung penyediaan layanan informasi dan data tentang pendidik dan tenaga kependidikan yang mudah diakses untuk pengambilan keputusan rekrutmen serta mutasi guru (World Bank, 2011)

*       Pemanfaatan TIK yang diintegrasikan di dalam pembelajaran aktif juga dapat meningkatkan kapasitas mengajar guru seperti perencanaan pembelajaran serta penerapan pembelajaran aktif (DBE 2 USAID, 2010)


Dengan demikian Guru TIK dapat ditempatkan sebagai tenaga ahli dalam pengembangan dan peningkatan mutu pembelajaran di satuan pendidikan.Sehingga peran guru mata pelajaran  dalam meningkatkan mutu  membelajarkan siswa dapat bekerja sama dengan guru TIK yang  masing masing punya peranan besar dalam membuat siswa merasa bermakna ,bahagia dan memiliki kepuasaan dalam belajar lantaran TIK menjadi media dan sumber belajar yang menyenangkan serta  dapat memenuhi curiosity peserta didik. Adapun fungsi yang dapat dikembangkan sebagai berikut ;

Pertama ; Pemetaan Sumber dan Media Pembelajaran

·         Guru mata pelajaran harus bisa memetakan dan mengidentifikasi  mata pelajaran  yang membutuhkan media TIK  ,setelah itu guru Mata Pelajaran memberikan petunjuk kepada  Guru TIK ,media  yang dibutuhkan untuk kegiatan proses pembelajaran yang mampu membuat siwa menyerap pelajaran yang diajarkan. Pada akhirnya guru TIK dapat menciptakan produk media yang dapat mempermudah guru lebih mudah dalam mem”visualisasi”kan materi pelajarannya.

·         Dimana TIK sebagai sumber dan media pembelajaran mempermudah pemahaman siswa dalam menyerap pelajaran yang tidak mungkin dapat dipraktekkan secara langsung .Ambil contoh; untuk meneranglan kecepatan peluru dalam teori vector atau proses perkembang- biakan tumbuhan yang tidak mungkin diamati langsung oleh siswa sehingga membutuhkan media TIK ,,membuat yang abstrak menjadi kongkrit dengan visualisasi animasiadalah salah satu fungsi TIK sebagai media pemebalajaran .

Kedua: Petunjuk Penggunaan Media TIK Bagi Guru Mata Pelajaran

*       Seorang guru mata pelajaran dapat dipastikan bukan ahli TIK  tentunya bukan guru mapel TIK, bisa saja  dalam memanfaatkan media pembelajaran akan banyak mendapatkan kendala.Oleh karena itu  guru TIK amat dibutuhkan ketika dalam proses pembelajaran guru  Mapel bersangkutan baik kendala secara teknis atau fitur layanan media. Guru TIK pada saat kejadian seperti ini berperan sebagai teknisi sekaligus konsultan mediaTIK .

*       Petunjuk penggunaan media TIK bagi guru mapel ini berfungsi meyakinkan guru mata pelajaran  untuk lebih meningkat kompetensi profesionalnya  sebagaimana UU no 14 tentang  Guru dan Dosen Pasal 20 ayat (a): Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berkewajiban: merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran;

Ketiga : Petunjuk Pegunaan TIK  Kepada Siswa

·         Mungkin setelah guru mata pelajaran memberikan tugas  kepada siswa untuk menngunakan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran,siswa bersangkutan mendapatkan kesulitan  dalam penggunaan di kelas saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Peran Guru TIK dibutuhkan  guna memberikan petunjuk petunjuk yang bersifat teknis .Petunjuk teknis ini mempermudah siswa dalam mempraktekkan arahan guru bidang pelajaran terhadap tugasnya Petunjuk teknis ini diharapkan dapat mempengaruhi siswa agar memiliki sifat positif dan kreatif  dalam penggunaan media TIK

·         Dengan demikian kesulitan dan kendala dalam penggunaan TIK sebagai media dan sumber pembalajaran diantara guru dan siswa dapat di minimalisasi .sehingga dapat membentuk persepsi bahwa TIK adalah salah satu sarana pembelajaran yang efektif dan bukan sebaliknya semakin mempersulit. Petunjuk penggunaan media TIK bagi guru dan siswa  akan memperkecil gap pelayanan pembelajaran dikarenakan siswa terlalu sulit memahami teori /konsep yang terlalu abstrak untuk difahami lantaran tidat dapat divisualisasikan   

        Keempat ;  Mempermudah akses Global Kegiatan Sekolah  

·         Keberadaan guru TIK dapat mempermudah akses dalam berbagai informasi layanan pendidikan  baik bagi  pengelola ,siswa dan orang tuanya serta masyarakat dunia melalui web sekolah .Sehingga  sekolah dapat membuat masayrakat pengunjung situs  webnya mendapatkan informasi,referensi,rekomendasi dan review dari sumber yang terpercaya.Karena itu kurikulum muatan loka  sekolah perlu dikembangkan  secara menarik dan unik  agar masyarakat dunia juga tertarik untuk melirik aktivitas kegiatan sekolah yang dikomunikasikan.  .

·         Guru TIK sebagai inspirator bagi rekan guru yang lain dan siswa  agar dalam penggunaan TIK khususnya internet untuk mengenalkan nilai nilai kebangsaan  dan membentuk karakter mulia warga sekolah sekaligus mengahsilkan karya karya kreatif yang mendunia.

Jika sekolah bisa memberdayakan guru TIK dapat dipastikan dapat meningkatkan pelayanan  prima pendidikan dan citra kegiatan pembelajaran disekolah . .



Komentar