Tono dan Toni sama sama seorang Kepala Sekolah.Mutu
kompetensi akademik dan kinerja nyaris sama,namun Tono ternyata lebih berhasil
membawa nama baik sekolah di masyarakat dan lingkungan dinas terkait dengan
beragam prestasi siswa dan guru ,serta kesan poistif dibanding Toni. Mengapa
ini bisa terjadi ..? Apa yang membedakan keduanya…?
Peran kepala sekolah saat ini saat
ini makin menantang karena tuntutan masyarakat
dan persaingan ,disamping dari banyak kasus banyak guru yang tidak kooperatif
mendukung program Kepala Sekolah lantaran merasa bahwa hubungan guru dan Kepala
Sekolah lebih pada garis koordinasi.Disamping” ego sektoral “guru lantaran
pengalaman kerja yang lama atau merasa memiliki kemampuan akademik yang tinggi,kepala sekolah juga harus membangun etos kerja dan budaya sekolah yang berkarakter.
Kemampuan menyatukan beragam
latar belakang perilaku guru adalah keahlianyang dibutuhkan oleh kepala
sekolah saatini,keberhasilan program sekolah tergantung dari seberapa jauh
imaginasi dan kemampuan individual dan kerjasama tim guru.Karena itu keterampilan mengelola Tim adalah tugas utama
seorang kepala sekolah selaku manager
dan leader disekolah bersangkutan .
Berikut beberapa kiat yang bisa dikembangkan agar berhasil mengembangkan
kemampuan mengelola teamwork.
Pertama ;Empati dan Evaluasi
Mulailah dengan mengenali dan
berusaha mengerti latar belakang perilaku guru saat menjalankan tugas
.Selanjutnya bangun komunikasi yang transparan dan fair ,pastikan anda dapat
berkomunikasi dengan seluruh anggota tim guru dengan porsi yang sama. Sehingga
masing masing guru merasa mendapatkan penghargaan dan perlakuan yang sama
kepala sekolah perlu mendapatkan feed back dari tujuan bersama mewujudkan visi dan misi sekolah .Pastikan setiap anggota tim guru
menyadari dan melaksanakan kesepakatan bersama demi kelangsungan dan kesuksesan
sekolah serta membangun citra positif.
Kedua :Bersahabat Tapi Tegas
Setiap individu pada dasarnya
memiliki kebutuhan untuk diakui,diterima dan dihargai,ingin diperlakukan
sebagai sahabat.Berikan ruang kepada
setiap anggota tim guru untuk memberikan prestasi kinerja terbaiknya .Sebagai
seorang sahabat berikanlah motivasi
kepada setiap anggota tim untuk menerima dan menjalankan tugas sebagaimana
mestinya.
Seorang kepala sekolah adalah manajer yang
berhasil mendelegasikan wewenang dengan
baik sesuai dengan porsinya masing masing.Dorong seluruh anggota tim untuk focus pada kemampuan memberikan
pelayanan prima dengan hasil yang memuaskan.
Ketiga : Berikan Arahan
Seorang kepala sekolah adalah
leader yang dapat memberikan arahan kepada tim nya agar mereka tetap meletakkan
fokus utamanya dalam mewujudkan visi dan misi pelayanan prima disekolah. Bisa
saja dalam proses perjalanan mewujudkan
visi dan misi itu beberapa anggota tim mengalami demotivasi atau terjadi friksi
dikalangan mereka.
Pastikan anda tetap berpijak pada
data,fakta dan realita dalam pengambilan keputusan jangan terjebak dan pengaruh opini opini yang bisa
saja kontra produktif.Berdiskusilah secara periodik dan teratur dengan semua
anggota tim dan dengarlah keluhan serta harapan ,pendapat dan kritik satu persatu untuk mengukur emosi dan koordinasi dalam kerja sama yang terjalin
dalam satu tim.
Keempat :Hargai Kinerjanya
Seorang leader adalah mentor yang
sanggup memperhatikan temperamen dan kepribadian sekaligus menciptakan
keseimbangan kekompakan tim.Bantulah para guru agar memiliki motivasi diri yang
kuat dalam memberikan pelayanan prima pendidikan.Berikan kesempatan para guru
untuk melakukan bebrepa keslahan yang tak disengaja dan bukan pelanggaran.
.Jangan mencari cari kesalahan kecil dari anggota atau
berpihak pada salah satu tim karena akan makin memperlebar jurang kesenjangan
dan kepercayaan . Namun yang penting adalah bagaimana memberikan kesadaran
kepada masing masing anggota tim untuk memahami
dan melaksanakan peran dan tanggung jawab masing masing.
Dalam kurikulum 2013 dimana ada
beberapa guru bidang maple TIK dan Bahasa Inggris yang mungkin tidak kebagian
peran .Seorang kepala sekolah dituntut
untuk menempatkan keahlian dalam muatan kurikulum local atau menjadikannya
sebagai devisi litbang (Research and Development )pengembangan SDM sekolah.
Seorang kepala sekolah adalah leader dan manager yang mampu mengelola
karakter dan kompetensi untuk menjadi professional dalam dunia pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar