Kank ,hampir seluruh guru di sini kewalahan menghadapi kelas 8 E siswa di sana bermasalah
,bagaimana mengatasinya..?
]
Maka sesungguhnya Kami akan menanyai umat-umat yang telah diutus
rasul-rasul kepada mereka dan sesungguhnya Kami akan menanyai (pula)
rasul-rasul (Kami), Qs Al A'raf; 6
Yang perlu diluruskan adalah persepsi bahwa
kelas 8 E adalah kelas bermasalah dan hampir seluruh guru kewalahan . Karena,perception of event are distorted to fit in our
belief system.,persepsi akan membuat anda semakin yakin kelas itu memang bermasalah dan tidak dapat dikendalikan.
Mulai dari diri sendiri untuk membangun persepsi bahwa setiap persoalan pasti
ada jalan keluarnya . Inilah beberapa
langkah yang bisa anda lakukan :
Pertama ,Temukan Akar Persoalannya
·
Temui beberapa siswa atau masuk ke dalam kelas
,bangun komunikasi efektif dengan mereka ,seperti “ Terima kasih anak anak
,bapak senang masuk kelas ini ,kelas yang penuh anak kreatif...”.
·
Kumpulkan
“laporan “ siswa yang berupa
keluhan ,kekecewaan atau harapan terhadap kebutuhan belajarnya.
·
Analisa data yang terkumpul untuk menemukan
latar belakang mereka bermasalah.
·
Telusuri rangkaian persoalan /kejadian yang
menyebabkan mereka bermasalah.
Kedua ,Brainstorming bersama Team Guru dan Kepala Sekolah
·
Diskusikan temuan anda terhadap persoalan yang
sudah anda analisa kepada tim guru ,mintalah saran dan solusi serta pikirkan
semua strategi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan.
·
Identifikasi
langkah langkah untuk melaksanakan strategi yang telah disepakati untuk
kepentingan terbaik siswa,hindari cara cara represif untuk mengatasi kelas
/siswa bermasalah.
·
Susunlah langkah strategis efektif yang logis berbasis empati kepada siswa dengan kesepakatan semua
guru,tetapkan persuasiive and personal
approach sebagai upaya problem solving
atas kelas bersangkutan.
·
Komitmen dan konsisten dalam menjalankan
kesepakatan berikut evaluasi dan
verifikasi keberhasilannya.
Ketiga Strategi Pendekatan Kepada Siswa
·
Buat kesepakatan dengan siswa tentang aturan main di dalam kelas guna mewujudkan harapan dan mengatasi kecemasan siswa.
·
Berikan bandingan kepada siswa jika aturan main
ditaati untuk keberhasilan mereka meraih mimpinya dibanding mereka kelakuannya sebelumnya. Tunjuk beberapa Peer educator sebagai tim sukses.
·
Miliki keterbukaan hati dan pikiran untuk menerima
masukan siswa dan miliki pula kesediaan menjadi tempat “curhat “siswa agar
siswa merasa ,aturan itu mempunyai manfaat bagi dirinya.
·
Berikan
apresiasi berupa pujian terhadap setiap perubahan dan peningkatan perbaikan
perilaku dalam kelas tersebut.
Tidak ada kelas bermasalah ,yang ada adalah
masalah tata kelola kelas,bagaimana pendapat anda..?
Matur Nuwun sanget Pak Tip dan Triknya, sebab saya sering mengahdapi masalah ini selama saya menjadi Guru.
BalasHapusakan saya coba tahap tahap pentunjukkan, semoga membawa hasil yang baik
Terima kasih Pak ,senang saya bisa juga berbagi dan belajar dari bapak.
BalasHapusTerimakasih postingan berharga di https://www.facebook.com/groups/256418287717594/
BalasHapusTerima kasih , pak nu ngageugeuh agan guru atas respon nya.
Hapus