“Kami akan melayani anda lebih
baik” sebuah jargon dari stand banner
sebuah layanan publik yang mencoba membangun image dan positioning
dari citra lembaganya. Tentu saja jargon
ini tidak hanya sebatas jargon karena dalam Pameran Kegiatan Lembaga Layanan
Publik ini, lembaga tersebut benar benar mempersiapkan diri dengan lebih
baik mulai dari dekorasi stand,teknologi
yang dipergunakan hingga “SPG” yang merupakan pegawai aparatur lembaga
pelayanan tersebut benar benar bisa memberikan kepuasan kepada pengunjungnya.
Dalam membangun pencitraan sebuah
lembaga pelayanan public senantiasa
memperbanyak “budged” untuk kegiatan above the line alias lebih memanfaatkan
media massa untuk komunikasi kehumasannnya atau “beriklan”. Sedangkan even
pameran seringkali hanya menunggu sebuah agenda dari ketersediaan dana
penyelenggaraan. Padahal kegiatan pameran memiliki keunggulan yang optimal
dalam membangun Citra Lembaga.
Pertama ,kegiatan pameran
merupakan ajang untuk sosialisasi program.Meskipun sebagian masyarakat
pengunjung mungkin sebagian sudah mengetahui beberapa program layanan . Namun
dengan adanya pamren tersebut diharapkan dapat meningkatkan brand awareness
yang bisa memperkuat persepsi terhadap mutu dari layanan yang diselenggarakan
lembaga tersebut. Oleh kerena itu pemilihan
konsep lokasi, waktu penyelenggaraan, target pameran,segmentasi pengunjung harus menjadi
pertimbangan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.
Kedua, memperkenalkan keunggulan
layanan. Selain sekedar sosialisasi program kegiatan pameran dapat dipergunakan untuk “brand positioning” dari TUPOKSI unit/ lembaga pelayanan public bersangkutan
melalui pemanfaatan keunggulan sistem layanan yang digunakan.Dengan demikian
kegiatan ini dapat memperkuat citra lembaga melalui kesan kemudahan pelayanan bagi penggunanya sehingga
tertarik untuk memanfaatkannya.
Ketiga, “relasi dan transaksi”.
Kegiatan pameran yang lebih fokus pada satu tema kegiatan dapat mendatangkan
pengunjung yang memang memiliki interest untuk menghadiri pameran tersebut
sehingga tidak terlalu menyedot biaya publikasi yang tinggi. Dengan demikian
kegiatan ini ditujukan untuk menciptakan “relasi” yang lebih baik dengan
masyarakat yang dilayani sehingga “transaksi” yang diharapkan dapat terjadi
sebagaimana yang diharapkan. Sehingga mereka loyal untuk memanfaatkan sistem
layanan yang sudah dibangun oleh lembaga pelayanan public bersangkutan.
Terakhir,menemukan ekpektasi
masyarakat. Kegiatan pemeran lebih dari sekedar one way communication sebagaimana iklan di media massa namun
mempertemukan secara langsung antara pengunjung dan lembaga yang
bersangkutan sehingga segala macam
keluhan dan saran untuk perbaikan sistem layanan dapat digali secara langsung.
Dengan demikian berbagai input informasi yang diterma saat pamren merupakan
bahan untuk meningkatkan standar baru pelayanan prima sesuai dengan harapan
masyarakat.
Kegiatan pameran lembaga
pelayanan public adalah “brand Activation
”,yang berdampak besar bagi kesadaran masyarakat dalam
mengenali, memanfaatkan, mengagumi dan selanjutnya dapat meningkatkan
citra lembaga bersangkutan. Oleh karena itu berikan apresiasi kepada ide ide
penyelenggara yang menuangkan ide de brilian untuk membangkitkan antusiasme
pengunjung dari masyarakat yang dilayani lembaga bersangkutan. Selamat
merencanakan pameran..!
Trims min sharingnya,
BalasHapusOh ya kunjungan balik ya ke artikel baru saya Cara Mudah Untuk Mendatangkan Pengunjung ke Event Anda
Salam blogger min.