Hari Santoso,Pakar MSDM &
Konsultan Pendidikan ,Insight Management .
“Teacher’s creativity in identifying and determining kinds of media
facilitates appropriate to meet their student
needs is required to enable him /her to motivate them to be free from
their parents or nurses”. Teaching young children at school and home,Margoline.
Anak dan rasa ingin tahunya
merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan . melalui rasa ingin tahu
,orang tua maupun tenaga pendidik mendapatkan
gambaran tentang perkembangan
psikososial dan kompetensi peserta didik ,akademik dan non akademik. Sebagai
upaya agar anak mendapatkan akomodasi dari rasa ingin tahu dan kebutuhan belajarnya,perlu
adanya pengembangan media pembelajaran .Mengingat proses pembelajaran akan terjadi
jika ada stimulus dan respond .Pentingnya
pengembangan media pembelajaran yang mengikuti perkembangan zaman akan lebih
mudah diterima anak ,lantaran anak menyukai dan dekat dengan penggunaannya
dalam sehari hari ,ambil contoh penggunaan peralatan TIK seperti Televisi HP,PC ,Lap top dsb.
“Multimedia ,it refers particularly to a commbination of various media
presented on the computer”.Teaching and learning with technology ,Tan Seng Chee
& Angela Fl Wong .Komputer dan televisi adalah merupakan
media yang “dekat “ dan disukai oleh anak anak selaku peserta didik,oleh karena itu
pemanfaatannya harus dapat memberikan kesempatan belajar ,mempermudah pemahaman
,dimana secara audio visual anak dapat terstimulasi .Sehingga menjadikan proses
pembelajaran lebih menarik ,lebih interaktif ,effesiensi waktu belajar
,meningkatkan motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dan bisa dilakukan kapan serta dimana saja ,tanpa
harus tersekat oleh ruang waktu dalam kelas.
Bagaimanakah caranya memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran :
1. Sampaikan
informasi topik dan tujuan pembelajaran
yang diharapkan siswa.
2. Berikan
appersepsi perihal topik yang akan
disajikan dengan kehidupan sehari hari ,contoh relevan atau topic yang sudah
dibicarakan.
3. Jelaskan
materi materi pelajaran secara
sistematis dengan memanfaatkan media audio visual yang telah disediakan.
4. Berikan
kesempatan kepada siswa untuk menyaksikan tayangan video /animasi yang telah disajikan.
5. Berikan
pertanyaan kepada siswa atau komentar atas tayangan yang disajikan.
6. Usahakanlah
guru dapat menjawab atau pertanyaan pertanyaan
yang diajukan siswa.
7. Usahakanlah
siswa terlibat aktif dalam proses pembelajarannya.
8. Ciptakan
suasana tenang ,tidak ribut dan siswa
memperhatikan materi yang diajarkan.
Tahap berikutnya ;
1. Berikan informasi tugas –tugas dan latihan latihan yang harus dikerjakan
siswa .
2. Berikan
tambahan penjelasan dan tambahan wawasan serta nilai-nilai perilaku (value
system ) yang diharapkan.
3. Berikan
informasi tentang pertemuan dan tugas yang harus dilakukan siswa pada pertemuan selanjutnya .
4. Koreksilah
tugas tugas dan latihan yang telah dikerjakan siswa sekaligus informasikan
kepada siswa sebagai umpan balik atas tugas yang dikerjakannya.
Pada akhirnya
peran TIK bagi guru adalah mengintegrasikan model pembelajaran yang lebih
menarik interaktif ,kapan dan dimana
saja . Peran guru menjadi fasilitator ,kolaborator ,mentor ,coach ,pengarah dan
teman belajar sekaligus dapat memberikan pilihan dan tanggung jawab besar atas
pengalaman belajarnya secara menyenangkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar