Dalam draft uji publik kurikulum
2013 bahwa Mata Pelajaran TIK harus melebur menjadi Media
Pembelajaran berbasis
TIK tentu akan menimbulkan persoalan tersendiri bagi guru TIK yakni kehilangan
tugas mengajar…!Namun tidaklah demikian jika dalam rangka ,peningkatkan mutu
pendidikan guru TIK dapat berfungsi sebagai tenaga pengembangan teknologi
pendidikan pada satuan tingkat pendidikan.Mengapa..?
TIK juga dapat mendukung penyediaan layanan
informasi dan data tentang pendidik dan tenaga kependidikan yang mudah diakses
untuk pengambilan keputusan rekrutmen serta mutasi guru (World Bank, 2011)
Pemanfaatan TIK yang diintegrasikan di dalam
pembelajaran aktif juga dapat meningkatkan kapasitas mengajar guru seperti
perencanaan pembelajaran serta penerapan pembelajaran aktif (DBE 2 USAID, 2010)
Dengan demikian Guru TIK dapat ditempatkan sebagai tenaga ahli dalam
pengembangan dan peningkatan mutu pembelajaran di satuan pendidikan.Sehingga
peran guru mata pelajaran dalam
meningkatkan mutu membelajarkan siswa
dapat bekerja sama dengan guru TIK yang masing masing punya peranan
besar dalam membuat siswa merasa bermakna ,bahagia dan memiliki kepuasaan dalam
belajar lantaran TIK menjadi media dan sumber belajar yang menyenangkan serta dapat memenuhi curiosity peserta didik. Adapun fungsi yang dapat dikembangkan
sebagai berikut ;
Pertama ; Pemetaan
Sumber dan Media Pembelajaran
·
Guru mata pelajaran
harus bisa memetakan dan mengidentifikasi mata pelajaran
yang membutuhkan media TIK
,setelah itu guru Mata Pelajaran memberikan petunjuk kepada Guru TIK ,media yang dibutuhkan untuk kegiatan proses pembelajaran
yang mampu membuat siwa menyerap pelajaran yang diajarkan. Pada akhirnya guru
TIK dapat menciptakan produk media yang dapat mempermudah guru lebih mudah
dalam mem”visualisasi”kan materi pelajarannya.
·
Dimana TIK sebagai
sumber dan media pembelajaran mempermudah pemahaman siswa dalam menyerap
pelajaran yang tidak mungkin dapat dipraktekkan secara langsung .Ambil contoh;
untuk meneranglan kecepatan peluru dalam teori vector atau proses perkembang-
biakan tumbuhan yang tidak mungkin diamati langsung oleh siswa sehingga
membutuhkan media TIK ,,membuat yang abstrak menjadi kongkrit dengan
visualisasi animasiadalah salah satu fungsi TIK sebagai media pemebalajaran .
Kedua:
Petunjuk Penggunaan Media TIK Bagi Guru Mata Pelajaran
Seorang guru mata
pelajaran dapat dipastikan bukan ahli TIK
tentunya bukan guru mapel TIK, bisa saja dalam memanfaatkan media pembelajaran akan
banyak mendapatkan kendala.Oleh karena itu guru TIK amat dibutuhkan ketika dalam proses
pembelajaran guru Mapel bersangkutan baik
kendala secara teknis atau fitur layanan media. Guru TIK pada saat kejadian
seperti ini berperan sebagai teknisi sekaligus konsultan mediaTIK .
Petunjuk penggunaan
media TIK bagi guru mapel ini berfungsi meyakinkan guru mata pelajaran untuk lebih meningkat kompetensi profesionalnya sebagaimana UU no 14 tentang Guru dan Dosen Pasal 20 ayat (a): Dalam
melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berkewajiban: merencanakan
pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta
menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran;
Ketiga : Petunjuk Pegunaan TIK Kepada Siswa
·
Mungkin setelah guru
mata pelajaran memberikan tugas kepada
siswa untuk menngunakan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran,siswa
bersangkutan mendapatkan kesulitan dalam
penggunaan di kelas saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Peran Guru
TIK dibutuhkan guna memberikan petunjuk
petunjuk yang bersifat teknis .Petunjuk teknis ini mempermudah siswa dalam
mempraktekkan arahan guru bidang pelajaran terhadap tugasnya Petunjuk teknis
ini diharapkan dapat mempengaruhi siswa agar memiliki sifat positif dan kreatif
dalam penggunaan media TIK
·
Dengan demikian
kesulitan dan kendala dalam penggunaan TIK sebagai media dan sumber
pembalajaran diantara guru dan siswa dapat di minimalisasi .sehingga dapat
membentuk persepsi bahwa TIK adalah salah satu sarana pembelajaran yang efektif
dan bukan sebaliknya semakin mempersulit. Petunjuk penggunaan media TIK bagi
guru dan siswa akan memperkecil gap
pelayanan pembelajaran dikarenakan siswa terlalu sulit memahami teori /konsep
yang terlalu abstrak untuk difahami lantaran tidat dapat divisualisasikan
Keempat ; Mempermudah akses Global Kegiatan Sekolah
·
Keberadaan guru TIK
dapat mempermudah akses dalam berbagai informasi layanan pendidikan baik bagi pengelola ,siswa dan orang tuanya serta
masyarakat dunia melalui web sekolah .Sehingga
sekolah dapat membuat masayrakat pengunjung situs webnya mendapatkan
informasi,referensi,rekomendasi dan review dari sumber yang terpercaya.Karena
itu kurikulum muatan loka sekolah perlu
dikembangkan secara menarik dan
unik agar masyarakat dunia juga tertarik
untuk melirik aktivitas kegiatan sekolah yang dikomunikasikan. .
·
Guru TIK sebagai inspirator
bagi rekan guru yang lain dan siswa agar
dalam penggunaan TIK khususnya internet untuk mengenalkan nilai nilai
kebangsaan dan membentuk karakter mulia
warga sekolah sekaligus mengahsilkan karya karya kreatif yang mendunia.
Jika sekolah bisa
memberdayakan guru TIK dapat dipastikan dapat meningkatkan pelayanan prima pendidikan dan citra kegiatan pembelajaran
disekolah . .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar